PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN PADA SISWA KELAS X TKJ SMK NEGERI 1 WIROSARI KABUPATEN GROBOGAN


Nizar Ardiansah, 530241109 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN PADA SISWA KELAS X TKJ SMK NEGERI 1 WIROSARI KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302411098-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu indikator keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Dalam pembelajaran standar kompetensi Melakukan Perbaikan dan atau Setting Ulang Sistem PC merupakan bahan ajar yang digunakan sebagai panduan teori dan praktikum siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk membentuk salah satu bagian dari kompetensi bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi pada program keahlian TKJ. Berdasarkan hasil observasi tanggal 2 Maret 2015 SMK N 1 Wirosari diperoleh hasil belajar siswa yang masih rendah yakni 60% siswa masih mendapat nilai di bawah KKM. Hal ini menjadi pertimbangan akan pentingnya pemilihan metode pembelajaran yang tepat agar siswa lebih mudah dalam memahami materi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model TGT. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 1 SMK N 1 Wirosari tahun ajaran 2014/2015. Instrumen pengumpulan data terdiri dalam penelitian ini adalah soal evaluasi di setiap akhir siklus dan lembar observasi aktivitas siswa pada pembelajaran TGT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran TGT. Dilihat dari rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 74,4% dengan ketuntasan klasikal sebesar 77,1%. Dari rata-rata hasil hasil belajar siklus II yakni sebesar 82,3% dengan ketuntasan klasikalnya 85,7%. Adapun hasil pengamatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran TGT pada siklus I sebesar 57,2% dan pada siklus II sebesar 77,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran TGT mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan lebih efektif meningkatkan hasil belajar kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan pada standar kompetensi Melakukan Perbaikan Dan Atau Setting Ulang Sistem PC siswa kelas X TKJ 1 SMK N 1 Wirosari. Saran bagi guru adalah, guru menganjurkan kepada siswa untuk membawa buku paket atau buku referensi, memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar materi yang disampaikan kepada siswa yang berbicara sendiri dan guru mengkondisikan siswa untuk selalu belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT), Teknik Komputer dan Jaringan.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:27
Last Modified: 10 Nov 2015 17:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20677

Actions (login required)

View Item View Item