PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGOLAH DATA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL 2007


Syaerozi , 5302411104 (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGOLAH DATA MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL 2007. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302411104-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini yaitu disebabkan metode yang digunakan kurang efektif, media pembelajaran yang kurang bervariatif, dan minat serta motivasi belajar siswa rendah. Penerapan metode pembelajaran drill berbantuan multimedia interaktif ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap dan minat belajar siswa dalam keterampilan mengolah data kelas XI IPA SMA Walisongo Semarang tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas melalui metode pembelajaran drill berbantuan multimedia interaktif berdasarkan dua siklus. Siklus pertama terdiri dari dua pertemuan dan siklus kedua hanya satu pertemuan dengan desain penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, obervasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Walisongo Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi siswa pada siklus I rata-rata nilai untuk seluruh siswa kelas XI IPA yaitu 62,85. Pada siklus II ratarata nilai untuk seluruh siswa yakni 80. (2) Aktivitas siswa untuk siklus I mememperoleh rata-rata skor 72,2% dengan kriteria pembelajaran cukup baik.Untuk siklus II, diperoleh nilai rata-rata skor 84,6% dengan kriteria baik. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan keterampilan mengolah data dan meningkatkan sikap dan minat belajar siswa. Peneliti memberikan saran kepada guru sebaiknya dalam menggunakan metode pembelajaran harus disesuaikan dengan materi dan memberikan inovasi media pembelajaran untuk menjadikannya menjadi lebih variatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran drill, multimedia interaktif, mengolah data.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:23
Last Modified: 10 Nov 2015 17:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20674

Actions (login required)

View Item View Item