PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X SMK NEGERI 1 SEMARANG

Anung Anindhita Auf, 5302411107 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL KELAS X SMK NEGERI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1603Kb)

    Abstract

    Permasalahan yang terjadi adalah guru masih menggunakan model pembelajaran ceramah sehingga suasana pembelajaran menjadi kurang menarik dan membosankan. Oleh karena itu, diadakan penelitian menggunakan model pembelajaran tipe Take and Give untuk membantu dan memberi kesempatan siswa agar dapat mengembangkan potensinya, memiliki keberanian untuk mengemukakan pendapat dan berani menerangkan materi pelajaran di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dan mengetahui persentase peningkatannya. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Semarang tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian masing-masing adalah 32 siswa. Berdasarkan analisis data di atas dapat diketahui bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebelum diterapkanya model Take and Give adalah 57,97 dan setelah diterapkan menjadi 78,13 dengan persentase peningkatan hasil belajar 34,8%. Pada uji t diketahui nilai t sebesar 2,993 dengan signifikan 0,004. Selisih N-gain kedua kelas sebesar 0,20. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give pada mata pelajaran simulasi digital pokok bahasan presentasi video kelas X SMK Negeri 1 Semarang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Tipe Take and Give, Hasil Belajar, Simulasi Digital
    Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
    Depositing User: risma nur unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 12:19
    Last Modified: 10 Nov 2015 12:19

    Actions (login required)

    View Item