SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN MENGGUNAKAN DECISSION TREE DALAM PEMBERIAN BEASISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Studi Kasus di SMP N 2 Rembang)


Pradega Shella, 5302411117 (2015) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN MENGGUNAKAN DECISSION TREE DALAM PEMBERIAN BEASISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Studi Kasus di SMP N 2 Rembang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302411117-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya pemerintah mencerdaskan kehidupan bangsa dengan adanya beasiswa, untuk membantu meringankan biaya siswa yang mendapatkannya. Untuk memperoleh beasiswa, harus sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Mengakibatkan sulitnya sekolah membuat hasil keputusan beasiswa, selain itu waktu yang dibutuhkan juga lama. Maka perlu dibangun sebuah Sistem Pendukung Keputusan untuk membantu menentukan seorang siswa menerima beasiswa dan menguji kualitas sistem. Merujuk pada Pressman, metode yang digunakan menggunakan Waterfall. Model Waterfall mengusulkan pendekatan perangkat lunak yang sistematik dan sekuensial dimulai dari analisis, desain, kode, dan pengujian. Dalam menganalisis sistem, dilakukan tahap pengumpulan ndata, identifikasi masalah, kebutuhan pengguna, prinsip dan konsep analisis serta model analisis untuk menggambarkan kebutuhan pengguna. Tahap desain aplikasi dengan model standarisasi data mining yaitu CRISP-DM. Selanjutnya tahap kode untuk penerjemahan desain dalam bentuk mesin yang dapat dibaca. Pada tahap pengujian digunakan metode pengujian analisis sistem dengan PIECES. Kemudian hasil klasifikasi dievaluasi dan divalidasi dengan Confusion Matrix untuk mengetahui tingkat akurasi Decision Tree dalam membuat klasifikasi beasiswa. Akurasi yang dihasilkan dengan RapidMiner sebesar 86,91%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Sistem Pendukung Keputusan Beasiswa yang telah dibangun, setelah diuji terbukti memiliki kualitas baik dan sangat layak untuk proses perhitungan dan pengolahan data.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Beasiswa, Decission Tree, Berbasis desktop, Microsoft Access, Model Waterfall, Flowchart, Analisis PIECES
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:13
Last Modified: 10 Nov 2015 17:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20667

Actions (login required)

View Item View Item