PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEMBUAT HIASAN BUSANA SISWA SMK


Dini Septa Sari , 540141017 (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MEMBUAT HIASAN BUSANA SISWA SMK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5401410171-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang diterapkan pada Mata Pelajaran Membuat Hiasan Busana selama ini masih menggunakan pembelajaran teacher center, dimana interaksi belajar mengajar yang berjalan secara searah, guru sangat aktif, tetapi siswa menjadi pasif, tidak kreatif dalam menciptakan desain dan motif kurang maksimal, kurang adanya sikap kerjasama antara siswa, ini berakibat sebagian siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah pembelajaran berkelompok seperti pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI). Melalui Pembelajaran TAI diharapkan siswa mampu menerapkan sikap kerjasama dan meningkatkan kreativitas, karena Pembelajaran TAI dapat membantu siswa dalam bekerja secara berkelompok dalam memecahkan suatu masalah yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui apakah Penerapan Pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Membuat Hiasan Busana. 2) Mengetahui seberapa besar Penerapan Pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dapat Menigkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Membuat Hiasan Busana pada Siswa SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa Kelas XI Tata Busana 2. Metode penelitian ini menggunakan penelitian Pre Experimental Design yaitu Pre-test And Post-test Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Busana butik sebanyak 34 siswa. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling yaitu sebagian anggota populasi menjadi sampel sebanyak 17 siswa kelas XI busana 2. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan instrumen penelitiannya yaitu lembar penilaian unjuk kerja Membuat Hiasan Busana dengan menggunakan metode Pembelajaran TAI. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penerapan Pembelajaran TAI pada Mata Pelajaran Membuat Hiasan Busana dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa kelas XI Tata Busana 2 SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa, hal ini di tunjukkan dari hasil peningkatan rata-rata tes pre-test ke post-test diperoleh Siswa kelas XI Tata Busana 2, pre-test teori sebesar 2.83 dan post-test teori 3.31, dan pre-test praktek sebesar 2.84 dan post-test praktek 3.33, kemudian dibuktikan dengan hasil uji hipotesis (Uji Treatment) diperoleh thitung teori 6.40 dan thitung praktek 6.55 >ttabel 1.68. 2) Terdapat peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Membuat Hiasan Busana yang dilakukan mengunakan analisis uji gain dengan rata-rata hasil pre-test dengan post-test peningkatan Hasil Belajar Siswa adalah 0.41 atau 41%, Maka vi besarnya Penerapan Pembelajaran TAI pada Mata Pelajaran Membuat Hiasan Busana dalam kriteria sedang. Simpulan dari penelitian ini adalah 1) Penerapan Pembelajaran Team Accelerated instruction dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Membuat Hiasan Busana kompetensi dasar sulaman pita pada Siswa kelas XI Tata Busana SMK Islam Sudirman 1 Ambarawa. 2) Besarnya Penerapan Pembelajaran Team Accelerated Instruction pada Hasil Belajar Mata Pelajaran Membuat Hiasan Busana kompetensi dasar sulaman pita dalam kriteria sedang. Saran 1) Untuk guru dapat memvariasikan Metode pembelajaran TAI dengan Metode lainnya sehingga diperoleh metode yang lebih sesuai karakteristik pokok bahasan dan kondisi siswa. 2) Penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan terhadap kualitas proses pembelajaran pada Mata Pelajaran Membuat Hiasan Busana dengan sulaman pita yang merupakan mata pelajaran dalam kelompok produktif, sehingga diharapkan pada guru dapat menerapkan Team Accelerated Instruction pada kompetensi lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI), Hasil Belajar.
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: titin fitriyani unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:07
Last Modified: 10 Nov 2015 17:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20664

Actions (login required)

View Item View Item