IMPLEMENTASI E-LEARNING BERBASIS KELASE SEBAGAI SUMBER BELAJAR (Studi Kasus Siswa Kelas X Jurusan Multimedia Di SMK Bagimu Negeriku Semarang)


Arif Rahman Yunianto , 1102411052 (2015) IMPLEMENTASI E-LEARNING BERBASIS KELASE SEBAGAI SUMBER BELAJAR (Studi Kasus Siswa Kelas X Jurusan Multimedia Di SMK Bagimu Negeriku Semarang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102411052-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sumber belajar merupakan komponen yang penting dalam proses belajar mengajar. Seiring perkembangan zaman, sumber belajar kini tidak hanya terpaku oleh buku cetak, namun juga dapat memanfaatkan teknologi e-learning sebagai sumber belajar. Oleh karena itu SMK Bagimu Negeriku Semarang juga memanfaatkan teknologi informasi untuk penyelenggaraan proses kegiatan belajar mengajar melalui penerapan e-learning. Tujuan dari Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana perencanaan implementasi e-learning sebagai sumber belajar di SMK Bagimu Negeriku Semarang (2) untuk mengetahui implementasi penggunaan e-learning sebagai sumber belajar di SMK Bagimu Negeriku Semarang (3) untuk mengetahui evauasi dan tindak lanjut implementasi e-learning di SMK Bagimu Negeriku Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus yang dilakukan di SMK Bagimu Negeriku Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi lapangan dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis, data kontekstual meliputi tiga prosedur yaitu: (1) reduksi; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan dan verifikasi. Analisis hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) perencanaan implementasi e-learning berbasis Kelase sebagai sumber belajar di SMK Bagimu Negeriku Semarang mendapatkan dukungan dan kebijakan dari pihak sekolah bahkan telah direncanakan sebelumnya. Sarana dan prasarana yang tersedia serta pemahaman guru tentang e-learning merupakan komponen yang penting dalam aspek perencanaan implementasi e-learning. (2) penerapan elearning berbasis Kelase sebagai sumber belajar di SMK Bagimu Negeriku Semarang tergolong dalam fungsi pembelajaran suplemen dan komplemen namun dapat memotivasi guru dan siswa dalam meningkatkan kemampuan dan pemahaman materi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi. (3) SMK Bagimu Negeriku Semarang belum memiliki sistem evaluasi yang khusus terhadap penerapan e-learning berbasis Kelase untuk pembelajaran. evaluasi baru dilakukan dari jurusan Multimedia dimana pihak jurusan melakukan evaluasi terhadap hasil-hasil yang telah di lakukan atau di kerjakan di dalam e-learning. Dalam rangka pengoptimalan implementasi e-learning, pihak sekolah dapat memberikan pelatihan e-learning berbasis Kelase secara khusus kepada para guru dan siswa untuk mendukung implementasi e-learning berbasis Kelase secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-learning, sumber belajar, internet
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:24
Last Modified: 10 Nov 2015 17:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20662

Actions (login required)

View Item View Item