PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS VII MTs NEGERI MRANGGEN


Tika Nelis Sa 19adah, 5302411163 (2015) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS VII MTs NEGERI MRANGGEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302411163-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi diketahui rata-rata hasil belajar siswa kelas VII mata pelajaran TIK rata-rata masih dibawah Kriteria Ketuntasan Belajar (KKM) yaitu 77. Selama pembelajaran guru menggunakan model konvensional yaitu model ceramah disertai tanya jawab. Pelaksanaan model pembelajaran ceramah menyebabkan siswa menjadi pasif, siswa hanya mendengarkan apa yang guru jelaskan tanpa adanya interaksi timbal balik. Siswa hanya menerima hasil pembelajaran tanpa membangun pengetahuan awal dari materi pembelajaran yang diajarkan. Keaktifan didominasi oleh siswa-siswa yang pintar. Salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan cooperative learning tipe talkingstick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan cooperative learning tipe talking stick dan kelas yang menggunakan model konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Postest Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Mranggen, dan sampelnya adalah siswa kelas VII H dan siswa kelas VII G. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen tes dan lembar observasi. Hasil analisis uji t dari nilai postest, dengan ;1=0,05 diperoleh > atau 2,9819 > 1,9995 dan hasil observasi keaktifan siswa, keaktifan kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, hal ini dapat dilihat dari presentase keaktifan siswa kelas eksperimen sebesar 75,93% sedangkan kelas kontrol sebesar 45,84%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa cooperative learning tipe talking stick lebih baik daripada model konvensional dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar TIK siswa kelas VII MTs Negeri Mranggen. Saran diperlukan penelitian lebih lanjut, supaya dalam mengukur hasil belajar siswa dapat menambahkan ranah afektif dan ranah psikomotorik, dan diperlukan penelitian lebih lanjut supaya menerapkan cooperative learning tipe talking stick pada mata pelajaran TIK satu semester dengan kajian materi yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Talking Stick, Keaktifan, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:04
Last Modified: 10 Nov 2015 17:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20657

Actions (login required)

View Item View Item