SERBUK KAYU UNTUK PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SEKARAN 01 GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN 2014/2015


Zainnur Ummu Atika Abas Karend, 6101411196 (2015) SERBUK KAYU UNTUK PEMBELAJARAN PENJASORKES PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SEKARAN 01 GUNUNGPATI SEMARANG TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of Zainnur_Ummu_Atika_Abas_Karend_6101411196-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya sarana dan prasarana yang ada di SD Negeri Sekaran 01 untuk pembelajaran tolak peluru. Pembelajaran tolak peluru di SD Negeri Sekaran 01 masih menggunakan peluru standar yang memiliki berat 3 kg, jumlah peluru yang terbatas, serta warna yang kurang menarik menjadikan siswa bermalas-malasan dan kurang aktif saat mengikuti pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan model alat peluru dengan media serbuk kayu untuk pembelajaran Penjasorkes pada siswa kelas V di SD Negeri Sekaran 01 Gunungpati Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa pengembangan peluru modifikasi dengan media serbuk kayu untuk pembelajaran Penjasorkes pada siswa kelas V SD Negeri Sekaran 01 Gunungpati Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dari Borg &Gall yaitu: (1) analisis kebutuhan,(2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model alat tolak peluru), (3) uji validasi ahli (4) revisi produk pertama, (5) uji coba lapangan, (6) revisi produk akhir, (7) hasil akhir modifikasi tolak peluru bagi siswa kelas V yang dihasilkan melalui revisi uji coba lapangan. Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba skala kecil produk alat tolak peluru melalui beberapa aspek ketepatan memilih model, kesesuaian alat, peningkatan minat dan motivasi, peluru aman digunakan, kualitas fisik peluru modifikasi, peluru modifikasi tahan lama dan kuat, mengandung nilai konservasi, bernilai ekonomi, multiguna, pembuatan praktis, diameter yang sesuai, berat peluru yang sesuai dengan anak SD didapat persentase sebesar 94,46% (sangat baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba skala kecil didapat persentase sebesar 92,5% (sangat baik). Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba lapangan didapat persentase sebesar 94,67% (baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba lapangan didapat persentase sebesar 96,54% (sangat baik). Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa pengembangan produk peluru modifikasi dengan media serbuk kayu ini dapat digunakan sebagai peluru alternatif untuk pembelajaran tolak peluru bagi siswa kelas V SD Negeri Sekaran 01 Gunungpati Semarang. Saran bagi guru penjasorkes di sekolah dasar dapat menggunakan produk peluru modifikasi sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, model alat peluru, media serbuk kayu.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:04
Last Modified: 10 Nov 2015 17:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20655

Actions (login required)

View Item View Item