PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, FASILITAS BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG


Narendra Utama Winriadirahman, 7101409175 (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, FASILITAS BELAJAR, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101409175-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal data hasil belajaryang diperoleh masih menunjukkan hasil belajar masih rendah atau belum memenuhi batas ketuntasan minimal. Tinggi rendahnya hasilbelajar dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari dalam diri siswadan dari luar siswa. Permasalahan yang dikaji adalah apakahada pengaruhPersepsi Siswa tetang Kompetensi Profesional Guru, Fasilitas Belajar, dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1Semarangsecara simultan dan parsial. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruhPersepsi Siswa tetang Kompetensi Profesional Guru, Fasilitas Belajar, dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1Semarangsecara simultan dan parsial.Populasi dalam penelitianiniyaitusiswa kelas XAkuntansi SMK Muhammadiyah 1 Semarangyang berjumlah40siswa, yang semuanya dijadikan unit analisis.Variabel penelitian yaituhasil belajar (Y), kompetensi professional guru(X1), fasilitasbelajar(X2), danlingkungan sekolah (X3).Metode pengumpulan data menggunakandokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakandeskriptif dan regresi linier berganda.Analisis deskriptif menunjukkan kriteriahasilbelajar akuntansi dalam kategoritinggi, kompetensi professional gurudalam kategorisedang, fasilitas belajardalam kategoritinggi, danlingkungan sekolahdalam kategoritinggi.Analisis regresi linier bergandamenunjukkan kompetensi professional guru, fasilitasbelajar dan lingkungan sekolahberpengaruh secara bersama-sama terhadap hasilbelajar akuntansi sebesar 77,3%. Kompetensi professional guruberpengaruh terhadap hasilbelajar akuntansi sebesar 39,8%. Fasilitas belajarberpengaruh terhadap hasilbelajar akuntansisebesar24%. Lingkungan sekolahberpengaruh terhadap hasilbelajarakuntansisebesar38.7%.Kompetensi professional guru, fasilitasbelajar danlingkungan sekolahberpengaruh terhadap hasilbelajar akuntansi pada siswa kelas X akuntansi SMK Muhammadiyah 1Semarang secara simultan maupun parsial. Siswa diharapkan untuk lebih aktif dalam proses belajar mengajar dengan memperbanyak membaca dan mengerjakan tugas yang diberikan,supaya prestasi belajar yang dicapai dapat meningkat. Guru diharapkan menggunakan media pembelajaran yang ada secara maksimal, dan lebih memberikan variasi dalam proses pembelajaran,supaya dapat meningkatkan hasilbelajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, FasilitasBelajar, Lingkungan Sekolahdan HasilBelajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 16:58
Last Modified: 10 Nov 2015 16:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20654

Actions (login required)

View Item View Item