PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN ELASTISITAS KELAS XI SMA N 1 SUKOREJO


Muhammad Zamroni , 1102411035 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH PADA MATA PELAJARAN FISIKA POKOK BAHASAN ELASTISITAS KELAS XI SMA N 1 SUKOREJO. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102411035-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, bahwa proses pembelajaran di SMA N 1 Sukorejo menggunakan tiga macam cara penyampaian pembelajaran, diantaranya (1) ceramah, pembelajaran bersifat satu arah, (2) kegiatan praktik, guru merasa kesulitan dalam mengontrol situasi pembelajaran dan (3) penyampaian pembelajaran menggunakan media pembelajaran, dapat memotivasi minat belajar siswa. Tetapi guru kesulitan dalam mengembangkan sebuah media pembelajaran, sehingga peneliti perlu mengembangkan sebuah media pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bagaimana proses pengembangan media pembelajaran Fisika pokok bahasan elastisitas kelas XI SMA N 1 Sukorejo? dan apakah penggunaan media pembelajaran berbasis flash pada mata pelajaran Fisika pokok bahasan elastisitas kelas XI SMA N 1 Sukorejo efektif digunakan untuk pembelajaran? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis flash pada mata pelajaran Fisika pokok bahasan elastisitas kelas XI SMA N 1 Sukorejo, dan mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis flash pada mata pelajaran Fisika pokok bahasan elastisitas kelas XI SMA N 1 Sukorejo bila diterapkan dalam pembelajaran. Peneliti mengembangkan sebuah media pembelajaran menggunakan metode Research and Development (penelitian dan pengembangan) yang dikembangkan oleh Dick and Carry, model ADDIE. Tahap pengembangan media yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) perancangan, (3) pengembangan produk, (4) penerapan media pembelajaran, dan (5) evaluasi media pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan efektif diterapkan untuk menunjang pembelajaran. Berdasarkan hasil tes yang diberikan kepada siswa, rata-rata hasil belajar siswa telah mencapai KKM (Kriteria Kelulusan Minimal) yakni 84,7, sehingga disimpulkan bahwa media pembelajaran efektif diterapkan dalam pembelajaran. Saran dari penelitian ini yakni media pembelajaran yang telah dikembangkan efektif, hendaknya guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis flash guna menunjang pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis Flash, Mata Pelajaran Fisika
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 16:57
Last Modified: 10 Nov 2015 16:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20652

Actions (login required)

View Item View Item