RANCANG BANGUN APLIKASI TES PSIKOLOGI “HoTest” (HOLLAND ADVANCED-STUDY TEST) DENGAN MENERAPKAN ALAT UKUR SDS (SELF-DIRECTED SEARCH)


Inayah Kurniawati, 5302411169 (2015) RANCANG BANGUN APLIKASI TES PSIKOLOGI “HoTest” (HOLLAND ADVANCED-STUDY TEST) DENGAN MENERAPKAN ALAT UKUR SDS (SELF-DIRECTED SEARCH). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302411169-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam praktiknya, tes psikologi dalam memahami suatu objek yaitu manusia dengan segala sikap dan tingkah lakunya masih mengggunakan metode lama. Tes psikologi masih menggunakan lembaran questioners atau serangkaian pertanyaan yang diberikan kepada objek terkait dan penghitungan hasil atau skoring masih dilakukan secara manual. Kesalahan dalam skoring akan berpengaruh terhadap hasil sehingga akan menimbulkan persepsi yang tidak sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak berupa Aplikasi Tes Psikologi HoTest (Holland Advanced-Study Test) berbasis desktop menggunakan Java dan SQLite serta untuk mengetahui validitas skoring dalam menentukan 3 kode ringkas tertinggi beserta saran studi berdasarkan kamus Holland yang diujikan di Laboratorium Psikologi Universitas Negeri Semarang. Pada penelitian ini pengujian dilaksanakan dengan membandingkan hasil penghitungan menggunakan aplikasi HoTest (Holland Advanced-Study Test) dan penghitungan secara manual. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode Waterfall. Model waterfall disebut juga sebagai model sekuensial linier yang mengusulkan sebuah pendekatan kepada perkembangan perangkat lunak yang sistematik dan sekuensial dimulai dari analisis, desain, kode, pengujian, dan pemeliharaan. Dalam menganalisis sistem, langkah yang dilakukan adalah studi pendahuluan yaitu tahap pengumpulan data dan identifikasi masalah serta kebutuhan pengguna, prinsip dan konsep analisis, dan model analisis untuk menggambarkan kebutuhan pelanggan serta membangun dasar bagi pembuatan desain perangkat lunak. Dalam pembuatan model analisis digunakan UML (Unified Modelling Language). Tahap desain adalah tahap pembuatan desain data, desain arsitektur, dan desain interface. Tahap kode adalah penerjemahan desain dalam bentuk mesin yang dapat dibaca. Pada tahap pengujian sistem digunakan metode pengujian analisis sistem yaitu PIECES. Pengujian dilakukan di Laboratorium Psikologi Universitas Negeri Semarang. Pengujian di lakukan oleh satu orang ahli yaitu Kepala Laboratorium dikarenakan adanya unsur kerahasiaan isi yang tidak boleh disebarluaskan. Dari hasil analisis sistem menggunakan metode PIECES, aplikasi HoTest (Holland Advanced-Study Test) memiliki fungsionalitas yang cukup baik dengan informasi yang dihasilkan merupakan informasi yang akurat, tepat pada waktunya, dan relevan. Kemudian hasil review dari penguji menyebutkan bahwa aplikasi HoTest memiliki tingkat akurasi penghitungan yang baik dan dapat digunakan dalam pelaksanaan tes minat SDS (Self-Directed Search) berbasis komputer.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Tes Psikologi, Tes SDS (Self-Directed Search), Berbasis desktop, Java, SQLite, Model Waterfall, UML (Unified Modelling Language), Analisis PIECES
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 16:57
Last Modified: 10 Nov 2015 16:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20651

Actions (login required)

View Item View Item