STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI KOMPETENSI DASAR MENCATAT TRANSAKSI KE DALAM JURNAL UMUM MELALUI METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE( TPS ) DENGAN METODE PEMBELAJARAN DRILL ( LATIHAN ) PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA


Kristina Wijayanti, 7101409097 (2015) STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR EKONOMI KOMPETENSI DASAR MENCATAT TRANSAKSI KE DALAM JURNAL UMUM MELALUI METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE( TPS ) DENGAN METODE PEMBELAJARAN DRILL ( LATIHAN ) PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101409097-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses belajar mengajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada kompetensi dasarmencatat transaksi ke dalamjurnal umum perusahaan jasa di SMA Negeri 1 Bobotsari masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang belum memenuhi KKM. Hal ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran akuntansi khususnya pada kompetensi dasar mencatat transaksi ke dalam jurnal umum diperlukan metode pembelajaran yang inovatif agar siswa lebih memahami materi pelajaran dengan baik. Metode pembelajaran TPS merupakan salah satu metode pembelajaran yang diharapkan membantu guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang dilakukan di SMA Negeri 1 Bobotsari dimana objek penelitiannya adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil belajar (Y), metode TPS (X1) dan metode drill(X2). Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan observasi. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan paired sample t test. Pengujian hipotesis ketiga menggunakan independent sample t test.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen, nilai rata-rata pre testsebesar 57,28 kemudian meningkat pada nilai rata-rata post testsebesar 81,87. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Pada kelas kontrol, nilai rata-rata pre testsebesar 54,62 kemudian meningkat pada nilai rata-rata post testsebesar 78,59. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dari hasil pre testdan post testkelas eksperimen maupun kelas kontrol. Pada kelas eksperimen nilai rata-rata post testsebesar 81,87 dan kelas kontrol sebesar 78,59.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa baik pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran TPS dan pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran drill. Dapat disimpulkan pula bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran TPS dan metode pembelajaran drill. Oleh karena itu guru disarankan untuk menggunakan metode pembelajaran TPS sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada kompetensi dasar jurnal umum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Think Pair Share(TPS), Jurnal Umum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 16:54
Last Modified: 10 Nov 2015 16:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20649

Actions (login required)

View Item View Item