KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN PERILAKU AKADEMIK SISWA KELAS X SMA N 1 DEMAK TAHUN AJARAN 2014/2015


Nawa Aufa Subkhi , 1102411034 (2015) KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN PERILAKU AKADEMIK SISWA KELAS X SMA N 1 DEMAK TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102411034-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter telah banyak diterapkan di sekolah-sekolah di Indonesia termasuk di SMA N 1 Demak, namun selama pelaksanaannya belum diketahui bagaimana keefektifannya. Untuk itu peneliti berusaha mengetahui keefektifan pelaksanaan pendidikan karakter melalui penelitian. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan pelaksanaan pendidikan karakter di SMA N 1 Demak dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian ini menggunakan statistika deskriptif dan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket ,dokumentasi, dan observasi. Angket yang terdiri dari beberapa pertanyaan yang disesuaikan dengan indikator-indikator yang diperlukan untuk mendapatkan data sesuai dengan tujuan penelitian. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan pertimbangan keadilan dan pemerataan. Sampel berjumlah 80 orang siswa yang mewakili 10 kelas yang masingmasing 8 angket untuk diisi oleh siswa. Hasil Penelitian menujukkan 80,35% siswa mencerminkan perilaku baik sesuai tujuan dari pendidikan karakter yang menanamkan 18 nilai-nilai karakter. Hasil data yang diperoleh yaitu 80,35% menunjukan kriteria yang tinggi dilihat berdasarkan indikator karakter siswa. Hasil observasi di sekolah menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di SMA N 1 Demak berpedoman pada kebijakan pemerintah dan kemudian disesuaikan dengan kondisi sekolah. Pelaksanaan pendidikan karakter di SMA N 1 Demak juga didukung oleh semua komponen sekolah secara konsisten. Penanaman pendidikan karakter juga disisipkan kedalam Pembelajaran dan kehidupan sehari-hari di sekolah. Sekolah SMA N 1 Demak juga menyandang sekolah Adiwiyata, yaitu sekolah dengan konsep konservasi lingkungan hijau dan kelestarian lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di SMA N 1 Demak telah efektif dan berhasil untuk meningkatkan perilaku akademik siswa. Namun masih terdapat kekurangan pada karakter kreatif siswa dan perlu ditingkatkan lagi dengan melatih siswa untuk lebih kreatif menghasilkan penemuan ataupun pemikiran baru yang akan menambah kekreatifan siswa. Pelaksanaan program pendidikan karakter sudah baik namun agar didapatkan hasil yang lebih baik perlu pelaksanaan yang lebih konsisten dan memperbaiki kekurangan-kekurangan dan kendala yang ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Peningkatan Perilaku Akademik Siswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 16:53
Last Modified: 10 Nov 2015 16:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20648

Actions (login required)

View Item View Item