ETOS BUDAYA KERJA PEDAGANG ETNIS TIONGHOA DI PASAR SEMAWIS SEMARANG
Fitri Amalia, 3401411022 (2015) ETOS BUDAYA KERJA PEDAGANG ETNIS TIONGHOA DI PASAR SEMAWIS SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Masyarakat Kota Semarang memiliki multikulutural yang tinggi dengan penduduknya dari berbagai etnis yang tinggal di Kota Semarang. Berbagai etnis yang tinggal di Semarang, misalnya etnis Jawa, Tionghoa, Arab, India-Pakistan dan sebagainya. Keberadaan etnis Tionghoa yang berperan besar dalam bidang ekonomi di Kota Semarang memberikan dampak pada kehidupan sosial dan budaya. Multikultural yang terjadi dipengaruhi oleh berbagai hal di masa lalu. Dilihat dari segi ekonomi bahwa perdagangan yang dilakukan oleh etnis Tionghoa di Semarang membawa pengaruh yang besar bagi pembangunan Kota Semarang. Masyarakat Tionghoa juga membangun komunitas-komunitas Tionghoa, diantaranya Kopi Semawis yang merupakan awal berdirinya Pasar Semawis. Tujuan penelitian ini antara lain: 1)mengetahui etos budaya kerja pedagang etnis Tonghoa di pasar Semawis Semarang; 2)mengetahui faktor yang melatarbelakangi terbentuknya etos budaya kerja pedagang etnis Tionghoa di pasar Semawis Semarang; dan 3)mengetahui implikasi atas keberadaan etos budaya kerja terhadap kehidupan pedagang etnis Tionghoa di pasar Semawis Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di pasar Semawis sepanjang Jalan Gang Warung Pecinan Semarang Kelurahan Kranggan Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. Subjek penelitian adalah para pedagang etnis Tionghoa di pasar Semawis Semarang. Informan dalam penelitian ini adalah pengurus atau pengelola pasar Semawis, petugas kebersihan pasar Semawis, pedagang dari luar etnis Tionghoa, orang yang membantu berdagang bagi pedagang etnis Tionghoa serta para pengunjung pasar Semawis. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi partisipasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menngunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini menggunakan konsep Spirit Kapitalisme Max Weber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Etos Budaya Kerja pedagang Tionghoa di Pasar Semawis Semarang antara lain mimiliki etos kerja keras, hemat, disiplin, jujur, kemandirian serta profit oriented. Etos budaya tersebut memiliki kemiripan dengan Etika Protestan yang dimiliki kaum Calvinis seperti yang ditemukan oleh Max Weber. Perbedaan yang terjadi pada model etos kerja, jika dalam etos kerja kaum Calvinis terdapat tiga etos kerja yakni hidup hemat, rajin bekerja dan disiplin, namun dalam pedagang etnis Tionghoa di pasar Semawis ditemukan etos kerja yang lain. 2) terbentuknya etos budaya kerja pedagang etnis Tionghoa di Pasar Semawis Semarang disebabkan oleh faktor kekerabatan, faktor tradisi atau adat-istiadat dan faktor ilmu pengetahuan. Ketiga faktor tersebut merupakan unsur-unsur dari kebudayaan. Apabila etika Protestan kaum Calvinis milik Max Weber dilandasi oleh semangat keagamaan, akan tetapi dalam etos budaya kerja pedagang etnis Tionghoa di pasar Semawis lebih didominasi oleh faktor kebudayaan. 3)Implikasi dari keberadaan etos budaya kerja tersebut terhadap kehidupan pedagang etnis Tionghoa di Pasar Semawis Semarang adalah di bidang ekonomi dan bidang sosial-budaya. bidang ekonomi; memberikan kesejahteraan bagi keadaan ekonomi keluarga, menumbuhkan orientasi masa depan di bidang ekonomi sedangkan implikasi bidang sosial budaya; sebagai eksistensi budaya, memperkuat solidaritas dan semakin mengokohkan identitas atau jatidiri. Saran yang diperoleh dari hasil penelitian ini antara lain: (1) bagi Pemerintah Kota Semarang, pemerintah Kota Semarang hendaknya tetap menjaga kerja sama dengan pengurus pasar Semawis di mana pasar Semawis dapat digunakan sebagai media pendidikan multikultural di kalangan siswa di Kota Semarang. (2) bagi pengurus pasar Semawis, pengurus pasar Semawis agar tetap fokus dan gigih dalam mempertahankan pasar Semawis yang memberikan keunikan dari tempat wisata lainnya. (3) bagi pedagang etnis Tionghoa, supaya menjadikan pasar Semawis tidak hanya sebagai arena ekonomi semata, tetapi juga menjadikannya sebagai sarana untuk bersosialisasi dan berasimilasi dengan masyarakat lokal sebagai memperkokoh multikulturalisme di kota Semarang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etos budaya kerja, Etnis Tionghoa, Pasar Semawis |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology H Social Sciences > HM Sociology |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1 |
Depositing User: | suprianto mahasiswa unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 16:52 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 16:52 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20643 |
Actions (login required)
View Item |