PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN KEBENCANAAN UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI BENCANA BANJIR PADA MASYARAKAT DESA WONOSARI KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN


Ha’iz Ulirrosyad , 1102411031 (2015) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN KEBENCANAAN UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN MENGHADAPI BENCANA BANJIR PADA MASYARAKAT DESA WONOSARI KECAMATAN KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102411031-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengetahuan masyarakat Desa Wonosari akan bencana banjir masih minim, sedangkan Desa Wonosari merupakan kawasan rawan bencana banjir apabila musim penghujan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Video Pembelajaran Kebencanaan sebagai media pembelajaran masyarakat, mengetahui pemahaman bencana banjir oleh masyarakat dengan media Video Pembelajaran Kebencanaan, mengetahui tanggapan masyarakat mengenai Video Pembelajaran Kebencanaan serta mengetahui efektifitas media Video Pembelajaran Kebencaaan sebagai media pembelajaran masyarakat dalam menghadapi bencana di Desa Wonosari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research adn Development) atau R&D. Penelitian ini mempunyai subyek penelitian yaitu masyarakat Desa Wonosari yang berada di daerah rawan bencana banjir secara acak berjumlah 30 responden. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, wawancara, angket, dan posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji perbedaan dua rata-rat (uji t). Hasil penelitian yaitu berupa Video Pembelajaran Kebencanaan sebagai media pembelajaran masyarakat dalam menghadapi bencana banjir Desa Wonosari Kebumen. Hasil pemahaman pada masyarakat meliputi hasil belajar kognitif yaitu diperoleh dengan soal pretest dan posttest. Tanggapan masyarakat terkait Video Pembelajaran Kebencanaan yang digunakan pada saat pembelajaran di Desa Wonosari. Berdasarkan penilaian ahli kebencanaan dan dosen media menunjukkan bahwa media termasuk dalam kriteria sangat layak dan cocok untuk digunakan oleh masyarakat dalam menghadapi bencana banjir Desa Wonosari. Hasil kognitif masyarakat meningkat setelah menggunakan Video Pembelajaran Kebencanaan dari sebelumnya. Masyarakat juga memberikan tanggapan positif yang sangat baik setelah menggunakan Video Pembelajaran Kebencanaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media pembelajaran, Video Pembelajaran, Kebencanaan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 16:48
Last Modified: 10 Nov 2015 16:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20641

Actions (login required)

View Item View Item