MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBUAT KURVA PERMINTAAN, PENAWARAN DAN KESEIMBANGAN HARGA PASAR DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BATANG


Rino Prayoga, 7101409096 (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBUAT KURVA PERMINTAAN, PENAWARAN DAN KESEIMBANGAN HARGA PASAR DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101409096-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran ekonomi adalah salah mata pelajaran yang termasuk pada kelompok pelajaran IPS pada jenjang SMP. Karakteristik dari ekonomi adalah banyaknya materi yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Oleh karena itu diperlukan suatu mediayang dapat menghubungkan antara teori dan kehidupan sehari-hari, agar pembelajaran dapat mudah dipahami oleh siswa. Salah satu media yang dapat membantu untuk menghubungkan teori dan kehidupan sehari-hari siswa adalah Media pembelajaran Macromedia Flashadalah sebuah program animasi yang digunakan untuk pembuatan desain web yang sifatnya interaktif dan dinamis agar dapat membantu proses pembalajaran di kelas agar lebih menarik.Penelitian ini merupakan penelitiantindakan kelas (PTK) atau Class Room ActionResearch. Dalam penelitian ini yang subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII C. Variabel dalam penelitian ini adalah Aktifitas siswa, hasil belajar, dan aktifitas guru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi dan test. Hasil aktivitas pembelajaran siswa pada siklus 1 yaitu 65,5 % dan aktifitas pembelajaran siswa pada siklus II yaitu 77,2 % dengan kriteria tinggi. Hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 72,09% dan Hasil belajar siswa siklus II yaitu 80,25% dengan criteria baik. Sedangkan pada aktifitas guru siklus I yaitu 66,7 % dengan kategori tidak baik dan aktifitas guru pada siklus II yaitu 79,2 % dengan kategori baik.Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa, adanya peningkatan hasil belajar, aktifitas siswa dan aktifitas guru pada kelas VIII SMP N 7 Batang pada mata pelajaran Ekonomi pokok bahasan kurva permintaan penawaran dan keseimbangan harga pasar melaui Macromedia flash. Sarannya yaitu guru sebaiknya menggunakan macromedia flash pada pokok bahasan kurva permintaan penawaran dan terbentuknya harga dibandingkan dengan metode konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktifitas siswa, Hasil belajar, Aktifitas guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 16:48
Last Modified: 10 Nov 2015 16:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20638

Actions (login required)

View Item View Item