PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA SMA NEGERI DI KABUPATEN JEPARA (STUDI DI SMAN 1 JEPARA DAN SMAN 1 TAHUNAN)
Analita Hanata Putri , 1102411023 (2015) PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA SMA NEGERI DI KABUPATEN JEPARA (STUDI DI SMAN 1 JEPARA DAN SMAN 1 TAHUNAN). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang diterapkan mulai tahun 2013 dari pengembangan kurikulum sebelumnya, Kurikulum berbasis kompetensi dan Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Oleh karena itu Program Pendampingan Kurikulum 2013 oleh guru dan kepala SMA bertujuan memberikan penguatan dalam memahami konsep Kurikulum 2013 berikut perubahannya di lapangan kepada peserta serta untuk membantu mengatasi berbagai kendala yang muncul pada saat pelaksanaan kurikulum tersebut di sekolah. Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Jepara dan SMA Negeri 1 Tahunan Kabupaten Jepara (2) Mengetahui hambatan pada pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Jepara dan SMA Negeri 1 Tahunan Kabupaten Jepara (3) Mengetahui pelaksanaan pendampingan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Jepara dan SMA Negeri 1 Tahunan Kabupaten Jepara Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif.metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Permasalahan utama yang dibahas dalam ini untuk mengetahui Pelaksanaan Kurikulum 2013 berdasarkan Proses Pendampingan di SMAN 1 Jepara dan SMAN 1 Tahunan Jepara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Jepara dan SMA Negeri 1 Tahunan belum semua nya terlaksana dengan baik, hal tersebut tercemin dari hal-hal yang dikemukakan ketika penelitian ini berlangsung. Meski semua lembaga pendidikan telah di arahkan dinas pendidikan terkait untuk melaksanakan kurikulum 2013 namun pelaksanaan ini belum berjalan dengan baik. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Secara Umum, pelaksanaan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Jepara dan SMA Negeri 1 Tahunan belum seluruhnya terlaksana dengan baik; (2) Pelaksanaan pendampingan dilaksanakan melalui kegiatan On di semua SMA dengan mengimplementasikan pembelajaran yang mengacu kepada kurikulum 2013, serta kegiatan In yangdilaksanakan di satu SMA yang ditunjuk sebagai penerima Bantuan Sosial pendampingan ini; dan (3) Kesulitan yang dialami terkait dengan pemberlakuan kurikulum 2013 di SMA N 1 Jepara dan SMA N 1 Tahunan Jepara terutama sekali berkaitan dengan dengan pelaksanaan kurikulum 2013 di dalam pembelajaran itu sendiri, sebab terbatas atau minimnya sosialisasi jelas akan mengurangi pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 dan berdampak pada proses belajar mengajar maka yang akan terjadi adalah kegamangan dan ketidak jelasan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum 2013 |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | imanda fachruddin unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 16:42 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 16:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20637 |
Actions (login required)
View Item |