PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN PERKAKAS TANGAN DENGAN PENDEKATAN KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 1 KEDUNGWUNI

Amirudin Baharsyah, 5201410070 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR MENGGUNAKAN PERKAKAS TANGAN DENGAN PENDEKATAN KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 1 KEDUNGWUNI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (35Mb)

    Abstract

    Belum tersedianya bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan adanya potensi berupa media pembelajaran power point dan fasilitas pendukung pembelajaran berbasis teknologi informasi menjadi alasan yang kuat untuk penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui kelayakan media pembelajaran flash yang dikembangkan dari media pembelajaran power point pada kompetensi dasar menggunakan perkakas tangan dengan pendekatan kurikulum 2013; 2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelompok eksperimen (yang menggunakan media pembelajaran flash) dan kelompok kontrol (yang menggunakan media pembelajaran power point) dan 3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelompok eksperimen pada kompetensi dasar menggunakan perkakas tangan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan Reseach and Development (R&D). Dengan mengadaptasi prosedur penelitian R&D maka peneliti merumuskan tahapan penelitian ini yang meliputi: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk dan 8) produksi media pembelajaran flash. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan sangat layak digunakan sebegai media pembelajaran. Dari rata-rata skor validator ahli materi sebesar 53,33 (88,89%) dinyatakan sangat layak, sedangkan skor rata-rata ahli media sebesar 67,00 (89,33%) dinyatakan sangat layak. Selain kelayakan, media pembelajaran juga diujicobakan dan hasilnya terjadi perbedaan yang signifikan. Hasil tersebut adalah untuk thitung pengetahuan = 5,30 > ttabel = 1,67 dan thitung keterampilan = 7,58 > ttabel = 1,67 berada pada daerah penolakan Ho, maka dapat disimpulkan kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media pembelajaran, perkakas tangan, kurikulum 2013
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 10 Nov 2015 11:41
    Last Modified: 10 Nov 2015 11:41

    Actions (login required)

    View Item