PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA DIKLAT KEARSIPAN DI SMK PGRI 1 SEMARANG

Agung Surya Tama, 7101409079 (2015) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA DIKLAT KEARSIPAN DI SMK PGRI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1857Kb)

    Abstract

    Usaha pemerintah untuk menghasilkan SDM yang berkualitas adalah melalui pendidikan. Dalam upaya peningkatan hasil belajar dengan upaya peningkatan minatbelajar dan motivasibelajar yang ada. Berdasarkan observasi yang dilakukan hasil belajar mata diklatKearsipan JurusanAdministrasiPerkantoranSMKPGRI 1 Semarangmasih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh minta belajar dan motivasi belajar terhadap hasilbelajar mata diklatKearsipan Siswa JurusanAdministrasiPerkantoranSMKPGRI 1 Semarangbaik secara parsial maupun simultan.Sampel pada penelitian ini berjumlah 78siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan deskriptif persentase dan regresi linier berganda.Hasil uji regresi linier berganda menunjukan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan taraf signifikansi 0,000< 0,05. Motivasi belajar berpengaruh terhadap Hasil Belajar dengan taraf signifikansi 0,001<0,05. Minat Belajar dan MotivasiBelajar berpengaruh terhadap Hasil Belajar dengan taraf signifikansi 0,000< 0,05.Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian adalah adanya pengaruh minat belajar siswa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar baik secara simultan maupun secara parsial, sehingga semakin tinggiminat belajar siswa dan semakin tinggi motivasi belajar siswamaka semakin meningkat pula hasil belajar siswanya. Saran berdasarkan hasil penelitian antara lain (1) Kaitannya dengan minat belajar siswa, terutama pada indikatorkemauan siswa, sebaiknya siswa membuat jadawal belajar, agar mempermudah siswa dalam mengatur waktu belajar, dan siswa disarankan tidak segan ataupun malu bertanya kepada guru ketika belum memahami materi pelajaran yang telah diajarkan. (2) Kaitannya denga motivasi belajar siswa, sebaiknya gurumemberikan variasi dalam kegiatan pembelajaran, contohnya membentuk kelompok-kelompok siswa dalam menyelesaikan tugas, agar siswa tidak merasa bosan ataupun jenuh karena siswadapat saling bekerja ixsama antara siswa satu dengan lainnya, dan ahirnya siswa merasa tertarik dengan mata pelajaran tersebut dan termotivasi untuk mendapatkan nilai yang optimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: HasilBelajar, Minat Belajar, MotivasiBelajar
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: ahmad sanusi unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 11:39
    Last Modified: 10 Nov 2015 11:39

    Actions (login required)

    View Item