ANALISIS SISTEM MOVING CLASS DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 SMK TELEKOMUNIKASI TUNAS HARAPAN KABUPATEN SEMARANG
Fadila Alfiah Ilmi , 1102411022 (2015) ANALISIS SISTEM MOVING CLASS DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 SMK TELEKOMUNIKASI TUNAS HARAPAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum 2013 memberikan inovasi terhadap perombakan kurikulum yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan. Untuk mengoptimalkan kualitas kegiatan belajar mengajar di kelas maka salah satu sistem pendidikan yang dapat diterapkan adalah moving class. Moving Class adalah sistem pembelajaran yang bercirikan siswa yang mendatangi guru di kelas. Permasalahan yang ditekankan dalam penelitian ini yaitu dampak penggunaan sistem moving class dapat mendukung dan membantu keberhasilan pelaksanaan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yang mengkombinasikan bentuk kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini pada hakekatnya ingin memahami dan mengungkapkan secara mendalam bagaimana proses perencanaan moving class, proses penerapan moving class, evaluasi dalam pelaksanaan moving class, pengaturan fasilitas, persepsi guru terhadap moving class, persepsi siswa terhadap moving class dan dampak moving class dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Hasil penelitian yang didapat adalah (1) pelaksanaan moving class sudah berjalan optimal terbukti dengan adanya perencanaan, strategi dan evaluasi yang digunakan oleh SMK Telekomunikasi Tunas Harapan. (2) faktor pendukung dalam pelaksanaan moving class yaitu SMK Telekomunikasi Tunas Harapan menyediakan fasilitas yang lengkap untuk menunjang proses pembelajaran siswa sedangkan faktor penghambat pelaksanaannya yaitu jarak antar ruang kelas yang jauh dan tingkat kedisiplinan siswa. (3) dampak moving class terhadap pelaksanaan kurikulum 2013, dalam pelaksanaan moving class memberikan dampak positif bagi tercapainya keberhasilan Kurikulum 2013. Dapat disimpulkan bahwa apa yang dilakukan sekolah dalam rangka mencapai keberhasilan kurikulum 2013 sudah optimal dengan menerapkan sistem pembelajaran moving class, namun yang masih perlu diperbaiki yaitu peningkatan kedisiplinan diri siswa untuk memasuki kelas sesuai dengan jam pelajaran yang telah ditentukan oleh sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moving Class, Kurikulum 2013 |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | imanda fachruddin unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 16:38 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 16:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20632 |
Actions (login required)
View Item |