PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS, PARTISIPASI ANGGOTA MELALUI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP SHU ANGGOTA KUD TANI MAKMUR KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN JEPARA


Laksa Defint Yona, 7101409073 (2015) PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL PENGURUS, PARTISIPASI ANGGOTA MELALUI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP SHU ANGGOTA KUD TANI MAKMUR KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101409073-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Usahameningkatkan keberhasilan koperasi diperlukan strategiyang diharapkan mampu memperbaiki dan meningkatkan patisipasi anggota sehingga akan menunjang meningkatnya SHU Anggota KUD Tani Mamur Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara.Observasiawal di KUD Tani Makmur menunjukkan bahwadi KUD Tani Makmur Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara SHUselama 4tahun terakhir mengalami penurunan. Dalam meningkatkan SHUanggota, seharusnyapenguruslebih mampu mengoptimalkan unit usaha yang ada dan menjadikan unit usaha tersebut unggul sehingga dapatmeningkatkanSHUanggota. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan manajerial pengurus partisipasi anggota terhadap SHUanggota terhadap kualitas pelayanan sebagai variabel interveningbaik secara langsung maupun tidak langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh kemampuan manajerial pengurus dan partisipasi anggota secara langsung maupun tidak langsung terhadap SHUanggota melalui kualitas pelayanan sebagai variabel intervening.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota KUD Tani Makmur Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara anggota yang aktif. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan ukuran populasidan diperoleh sampel sebanyak 89orang. Metode pengambilan data menggunakan angket. Pengambilan sampel menggunakan teknik insidental samplingartinya responden yang dijumpai saat di KUD Tani Makmur Kecamatan Mlonggo kabupaten Jepara. Metode analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis).Hasil penelitian menunjukanbahwa ada pengaruh baik langsung meupun tidak langsung variabel kemampuanmanajerialpengurus dan partisipasi anggota terhadap SHU anggota melalui kualitas pelayanan sebagaivariabel intervening. Hasil analisis jalur yang pertama diperoleh persamaan X3 = 0,328X1+ 0,240X2dan yang kedua diperoleh Y = 0,215X1+ 0,262X2+ 0,459X3.Simpulan dari penelitian ini adalah pengaruh positif baiklangsung maupun tidak langsung variabel kemampuan manajerial pengurus sebesar 65,1% dan partisipasi anggota sebesar 57,9% terhadap SHU anggotasebesar 47,2% melalui kualitas pelayanansebesar 71,9%sebagai variabel intervening. Saran bagi pihak KUD Tani Makmur Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara agar terus meningkatkan partisipasi anggotauntuk meningkatkan SHU anggota.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: KemampuanManajerialPengurus, Partisipasi Anggota, Kualitas Pelayanan, SHU Anggota
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 16:34
Last Modified: 10 Nov 2015 16:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20628

Actions (login required)

View Item View Item