PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS MA AL ASROR TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Puput Nilam Sari, 7101409039 (2015) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS MA AL ASROR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101409039-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan sarana utama dalam membentuk dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Salah satu indikator tercapainya tujuan pembelajaran dapat diketahui dengan melihat kemampuan pemahaman yang dimiliki oleh siswa. Pada observasi awal yang dilakukan ditemukan jika siswa mempunyai kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang tinggi.Namun hasil observasi awal yang dilakukan menunjukkan bahwa perolehan nilai akuntansi belum mencapai hasil yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi siswa baik secara simultan maupun parsial.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS MA Al Asror Tahun Pelajaran 2014/2015sebanyak 68siswa. Variabel dalam penelitian ini adalahpemahaman akuntansi (Y), kecerdasan emosional (X1), kecerdasan spiritual (X2). Metode pengumpulan data dengan menggunakan instrument soal dan angket. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan analisisregresi linier bergandadengan persamaan Y = α+β1X1+ β2X2+e.Hasil penelitian secara simultan terdapatpengaruh positifantarakecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman akuntansi yang terlihat dari hasilperhitungan SPSS yang menunjukkan jika F hitung (13,595) > F tabel (3,13)dengan pengaruh sebesar 29,5%. Secara parsial juga tedapat hubungan positif dimana diperoleh nilai t hitung (2,977) > t tabel (1,99714) untuk kecerdasan emosionaldengan besar pengaruh 11,97%dan t hitung (3,625) > t tabel (1,99714) untuk kecerdasan spiritualdengan besar pengaruh 16,81%.Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang positif antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual terhadap pemahaman akuntansi siswa kelas XII IPS MA Al Asrortahun pelajaran 2014/2015 baik secara simultan maupun secara parsial. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini bagi peneliti selanjutnya agar dapat meneliti faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi pemahaman akuntansi yang belum diungkap dalam penelitian ini. Orang tua siswa dapat mengawasi, membimbing, memberi motivasi dan menanamkan nilai-nilai kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.Serta bagi siswa sebaiknya terus belajar mengelola emosi dirinya dan belajar mengatur ego nya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Akuntansi, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 16:28
Last Modified: 10 Nov 2015 16:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20626

Actions (login required)

View Item View Item