PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 3 SEMARANG


Budi Arianto, 5101410017 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 3 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5101410017-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai lembaga pendidikan dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik dalam memasuki dunia kerja. SMK merupakan pendidikan kejuruan tingkat menengah di Indonesia yang dalam penyelenggaraannya dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik guna memasuki dunia kerja sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Semarang pada mata pelajaran gambar teknik sub materi gambar konstruksi geometris. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental Design atau eksperimen semu. Desain eksperimen semu yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas X TGB SMK N 3 Semarang tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 72 siswa dengan membagi dua kelompok sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dengan batuan SPSS 16 for windows. Berdasarkan hasil perhitungan uji kesamaan dua rata-rata menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Pengguanaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah psikomotrik, ditunjukkan pada presentase ketuntasan nilai rata-rata hasil belajar psikomotorik siswa sebesar 100% dengan rata-rata 82,40. Ditinjau dari rata-rata pada ranah kognitif diperoleh 78,47 berbanding 70,59, pada ranah afektif 79,17 berbanding 75,42, sedangkan pada ranah psikomotorik 82,40 berbanding 78,44. Ditinjau dari uji kesamaan dua rata- rata diperoleh ranah kognitif thitung dengan ttabel 3,569 > 1,994, ranah afektif thitung dengan ttabel 2,008 > 1,994, ranah psikomotorik thitung dengan ttabel 6,487 > 1,994.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 10 Nov 2015 16:35
Last Modified: 10 Nov 2015 16:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20623

Actions (login required)

View Item View Item