PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 03 JEBED KABUPATEN PEMALANG


Putri Wijayanti, 1401411447 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 03 JEBED KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411447-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPS merupakan mata pelajaran yang mengkaji tentang manusia dan dunia sekelilingnya. Kajian dalam IPS ini sangat diperlukan siswa untuk menghadapi masalah sosial dalam kehidupannya, sehingga dibutuhkan pembelajaran yang dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran IPS. Pada kenyataannya, pembelajaran IPS di SD Negeri 03 Jebed Kabupaten Pemalang masih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif dan pembelajaran menjadi kurang bermakna. Hasil belajar mata pelajaran IPS masih rendah, yaitu dengan rata-rata kelas nilai ulangan semester gasal tahun pelajaran 2014/2015 baru mencapai 68,03 dan ketuntasan belajar klasikal 41,67%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS materi Jual Beli pada siswa kelas III SD Negeri 03 Jebed Kabupaten Pemalang, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SD Negeri 03 Jebed Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 37 siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan performansi guru dan aktivitas siswa, serta tes formatif setiap akhir siklus saat pembelajaran IPS yang menggunakan model pembelajaran role playing. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu nilai performansi guru minimal B, persentase keaktifan siswa dalam pembelajaran minimal 70%, rata-rata nilai hasil belajar siswa minimal 70 dengan persentase tuntas belajar klasikal minimal 75%, dan nilai hasil belajar afektif minimal B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan performansi guru, aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa. Terbukti pada siklus I nilai performansi guru sebesar 74,86 dengan kategori B kemudian meningkat pada siklus II menjadi 88,41 dengan kategori A. Perolehan hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 67,97% meningkat pada siklus II menjadi 76,34%. Perolehan rata-rata nilai hasil belajar siswa ranah kognitif dan psikomotor pada siklus I yaitu 70,17 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 62,86%, pada siklus II meningkat menjadi 85,57 dengan ketuntasan belajar klasikal 84,85%. Hasil belajar ranah afektif yaitu 3,36 dengan kategori B+ meningkat menjadi 3,67 dengan kategori A-. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran role playing dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS materi Jual Beli. Disarankan dalam mengajar IPS guru dapat menggunakan model pembelajaran Role Playing

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, model Role Playing.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:20
Last Modified: 10 Nov 2015 17:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20622

Actions (login required)

View Item View Item