PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN MANFAAT PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICEKELAS X SMA N 1 BAWANG


Ristia Arif Rakhmawati, 7101408301 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN MANFAAT PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DRILL AND PRACTICEKELAS X SMA N 1 BAWANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101408301-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Usaha meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan strategi belajar mengajar yang diharapkan mampu memperbaiki pembelajaran yang telah berlangsung selama ini. Observasi awal di SMA 1 Bawangmenunjukkan bahwa hasil belajar ekonomimasih rendah. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai ulangan harianpokok bahasan sebelumnya masih banyak yang belum mencapai ketuntasan. Model pembelajaran yang dilakukan oleh guru terlalu monoton. Siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran di kelas, siswa merasa bosan dan materi yang disampaikan kurang dipahami. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran drill (latihan)and practice pada standar kompetensi menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasionalpada siswa kelas XSMA1 Bawangdapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa ?Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X.FSMA1 Bawangyang berjumlah 27orang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiridari 1) perencanaan untuk membuat instrumen penelitian lainnya, 2) Pelaksanaan, melaksanakan pembelajaran kearsipan pokok sistem kartu kendali, 3) Observasi / pengamatan, 4) refleksi, menganalisis data hasil pengamatan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model drill (latihan)and practicehasil belajar siswa mengalami peningkatan pada masing-masing siklus, hal ini terlihat dari adanya peningkatan pada masing-masing siklus yaitu hasil tes siklus I nilai rata-rata 72dan siklus II rata-rata 78.Dari lembar observasi siswa dari siklus I aktivitas siswa sebanyak 64,28% dan pada siklus II meningkat menjadi 92,85%.Hasil pengamatan pada guru siklus I sebesar 72,5% dan pada siklus II sebesar 92,5%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ekonomi kompetensi dasar menjelaskan mannfaat perhitungan pendapatan nasionaldengan penerapan model drill (latihan)and practice, menggunakan desain penelitian tindakan kelas, dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Adapun saran yang dapat penulis berikan antara lain bagi siswa diharapkan lebih aktif dalam prosespembelajaran.Bagi guru, guru disarankan untuk menggunakan model pembelajaran drill (latihan)and practicesebagai alternatif dalam kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomitepatnya pada kompetensi dasar menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Drill (latihan) and Practice, Aktivitas, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 16:22
Last Modified: 10 Nov 2015 16:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20621

Actions (login required)

View Item View Item