KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA EDMODO SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TIK SMP NEGERI 25 SEMARANG


Fitri Trisnawati , 1102411020 (2015) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA EDMODO SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN TIK SMP NEGERI 25 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102411020-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi era globalisasi saat ini banyak mempengaruhi dalam proses belajar. Pembelajaran konvensional yang dinilai kurang menarik siswa untuk belajar, selain model pembelajaran tersebut tergolong tradisional juga terdapat beberapa faktor diantaranya daya serap siswa yang berbeda terhadap materi yang disampaikan, siswa sering mengantuk saat proses pembelajaran berlangsung sehingga membuat siswa kurang dalam merespon sebuah pembelajaran. Dari beberapa problem yang dialami tersebut peneliti menyimpulkan beberapa rumusan masalah yaitu dengan evaluasi keefektifan penerapan media edmodo sebagai media penunjang pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media edmodo sebagai penunjang pembelajaran mata pelajaran TIK di SMP Negeri 25 Semarang. Obejek dari penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 25 Semarang dengan sampel 32 siswa.Teknik pengambilan data dengan pemberian tugas untuk mengetahui hasil belajara siswa setelah menggunakan media edmodo sebagai penunjang pembelajaran TIK. Hasil penelitian yang didapat adalahpada pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu pihak yaitu uji-t pihak kanan. Berdasarkan perhitungan uji-t pihak kanan, dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung= 10,0766 sedangkan ttabel= 15,1. Karena thitung<ttabel maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar TIK peserta didik yang diberi pembelajaran dengan media Edmodo lebih tinggi dari pada nilai Kriteria Ketuntasan Minimal. Berdasarkan data yang diperoleh, rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 80,10 sedangkan nilai KKM adalah 75.Pembelajaran dengan media penunjangpembelajaranEdmodopadamatapelajaran TIKdisimpulkanefektif terhadap hasil belajarTIK pada peserta didik kelas VIIISMP N 25 Semarang tahun pelajaran 2014/2015

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran,Edmodo
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 16:22
Last Modified: 10 Nov 2015 16:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20618

Actions (login required)

View Item View Item