PENGARUH KEBIASAAN HIDUP SEHAT DAN OLAHRAGA PERNAFASAN TERHADAP PSIKOSOSIAL LANSIA KOMUNITAS SATRIA NUSANTARA KOTA SEMARANG


Miftah Farid , 6211410001 (2015) PENGARUH KEBIASAAN HIDUP SEHAT DAN OLAHRAGA PERNAFASAN TERHADAP PSIKOSOSIAL LANSIA KOMUNITAS SATRIA NUSANTARA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of skripsi_PDF-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kegiatan atau aktifitas seorang lansia akan psikososialnya sangatlah penting, Kegiatan atau aktifitas sangatlah perlu dan penting karena dengan demikian lansia akan menjadi mudah untuk menjalankan aktifitasnya sehari-hari. Menurut WHO, sehat adalah suatu keadaan sempurna dari fisik, mental, dan sosial, bukan hanya keadaan yang bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Pengaruh kebiasaan hidup sehat terhadap psikososial lansia. 2). Pengaruh olahraga pernafasan yang dijalani terhadap psikososial lansia. 3). Pengaruh kebiasaan hidup sehat dan olahraga pernafasan terhadap psikososial lansia di komunitas satria nusantara kota semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualiitatif dengan teknik survei dan angket. Lokasi penelitian di lapangan Tri Lomba Juang Kota Semarang. Populasinya adalah lansia komunitas Satria Nusantara Kota Semarang yang mengikuti aktivitas olahraga pernafasan. Jumlah sampel adalah 17 orang. Teknik penarikan sampel menggunakan Total Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, presensi dan wawancara, Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif presentase. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai t kebiasaan hidup sehat 3,369 dengan signifikansi sebesar 0,004 < 5%. Hasil nilai t olahraga pernafasan sebesar 3,014 dengan signifikansi sebesar 0,009 < 5%. Hasil nilai f dari kebiasaan hidup sehat dan olahraga pernafasan sebesar 11,854 dengan signifikasi sebesar 0,001 < 5%. Dan hasil nilai r 2 untuk pengaruh kebiasaan hidup sehat dan olahraga pernafasan terhadap psikososial lansia 0,629 = 62,9%. Hal ini berarti hipotesis yang menyatakan ada pengaruh antara kebiasaan hidup sehat dan olahraga pernafasan dengan psikososial lansia, dengan jumlah sempel 17 responden terdapat 1 responden yang memiliki psikososial dengan kriteria sangat baik, 16 responden memiliki psikososial dengan kriteria baik. Simpulan penelitian ini 1). Terdapat pengaruh kebiasaan hidup sehat lansia terhadap psikososial lansia, dimana lansia yang memiliki kebiasaan hidup sehat cenderung memiliki psikososial yang baik. 2). Terdapat pengaruh aktifitas olahraga pernafasan yang dijalani terhadap psikososial lansia, dimana lansia yang memiliki intensitas olahraga pernafasan lebih banyak, memiliki psikososial yang lebih baik. 3). Terdapat pengaruh psikososial lansia terhadap kebiasaan hidup sehat dan aktifitas olahraga pernafasan yang dijalaninya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Psikososial Lansia, Kebiasaan Hidup Sehat, Olahraga Pernafasan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 16:32
Last Modified: 10 Nov 2015 16:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20617

Actions (login required)

View Item View Item