PENGEMBANGAN PERMAINAN PVC HOKI UNTUK PEMBELAJARAN PENJAS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 SOKAWERA KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2014/2015


Nugroho Jelang Ebtanto, 6102410014 (2015) PENGEMBANGAN PERMAINAN PVC HOKI UNTUK PEMBELAJARAN PENJAS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 SOKAWERA KECAMATAN SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of SKRIPSI_Finish_PVC_HOKI-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran penjasorkes masih bersifat konvensional sehingga kurang menarik bagi siswa, keterbatasan sarana dan prasarana permainan bola kecil sehingga pembelajaran proses pembelajaran mengalami hambatan dalam melakukan inovasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana permainan PVC HOKI dapat menambah ragam permainan pada pembelajaran permainan bola kecil, bagaimana permainan PVC HOKI dapat mengatasi masalah keterbatasan sarana dan prasarana, serta bagaimana permainan PVC HOKI dapat meningkatkan ketrampilan koordinasi gerak peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk permainan PVC HOKI yang dapat mengatasi masalah keterbatasan sarana dan prasarana dan meningkatkan ketrampilan koordinasi gerak peserta didik serta menambah ragam permainan bola kecil. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu; 1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, 2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa permainan PVC HOKI), 3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli Penjas dan satu ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, 4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, 5) uji lapangan (20 siswa), 6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, 7) hasil akhir model permainan PVC HOKI untuk pembelajaran permainan bola kecil bagi siswa kelas V SD di Kecamatan Somagede Kabupaten Banyumas yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Dari hasil penelitian ini telah ditemukan 1) Produk permainan PVC HOKI dapat mengatasi masalah keterbatasan sarana dan prasarana permainan kecil, 2) Produk permainan PVC HOKI dapat meningkatkan ketrampilan koordinasi gerak peserta didik dengan rata-rata prosentase aspek psikomotor sebesar 85% (baik), 3) Produk permainan PVC HOKI dapat menambah ragam permainan bola kecil dengan diperoleh hasil uji coba aspek afektif yaitu aspek peserta didik mau bermain kembali, diperoleh prosentase sebesar 90% (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model permainan PVC HOKI ini dapat mengatasi masalah keterbatasan sarana dan prasarana, meningkatkan koordinasi gerak peserta didik, dan menambah ragam materi permainan bola kecil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Pembelajaran, Permainan Hoki Lapangan, Permainan PVC HOKI.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 15:55
Last Modified: 10 Nov 2015 15:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20603

Actions (login required)

View Item View Item