PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PBL DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN KALIBANTENG KIDUL 02 KOTA SEMARANG


Endang Eka Wulandari, 1401411442 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PBL DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN KALIBANTENG KIDUL 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411442-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang. Hal ini terbukti ditemukannya beberapa masalah, diantaranya guru belum mengawali pembelajaran dengan menyajikan masalah nyata, respon siswa masih rendah, proses pembelajaran belum berpusat pada siswa, dan mengakibatkan hasil belajar siswa rendah yaitu sebanyak 71% belum mencapai KKM yaitu 65. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah penerapan model PBL dengan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang terdiri atas keterampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang? Tujuan penelitian adalah: meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa, serta meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus.Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan nontes. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 18 (baik), siklus II memperoleh skor 22 (baik) dan siklus III memperoleh totak skor 25 (sangat baik); (2) Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh total skor 168 (cukup), pada siklus II memperoleh total skor 220 (baik) dan siklus III memperoleh skor 224 (sangat baik); (3) Respon siswa pada siklus I dengan persentase 71% (positif), pada siklus II dengan persentase 78% (positif) dan siklus III dengan persentase 92% (sangat positif) (4) Hasil belajar dengan ketuntasan klasikal pada siklus I53% (cukup), meningkat pada siklus II menjadi 74% (baik), dan siklus III meningkat menjadi 88% (sangat baik). Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model PBL dengan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar IPA. Saran yang diberikan yaitu pada saat pembelajaran diperlukan persiapan dan perencanaan yang matang, untuk menerapkan prinsip-prinsip model pembelajaran diperlukan latihan, hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memberikan respons yang positif, dan pada penelitian selanjutnya dapat diterapkan dengan menggunakan model PBL dengan media audiovisual dalam pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audiovisual, IPA, PBL, Kualitas, Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 15:48
Last Modified: 10 Nov 2015 15:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20600

Actions (login required)

View Item View Item