PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL LEARNING CYCLE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG


LATIFATUSSA’DIYAH, 1401411440 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL LEARNING CYCLE DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IVB SDN KALIBANTENG KIDUL 01 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411440-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi pada pembelajaran IPS di kelas IVB SDN Kalibanteng Kidul 01 ditemukan permasalahan yaitu pada pembelajaran IPS, terdapat keterampilan dasar mengajar yang belum optimal yaitu ketrampilan mengadakan variasi, ketrampilan bertanya, memberi penguatan, keterampilan mengelola kelas dan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Hal itu menyebabkan siswa kurang aktif sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal yaitu dari 43 siswa hanya 10 siswa (23,3%) yang memperoleh nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model LearningCycle dengan media Audio Visual dapat meningkatkan kualitas pembelejaran IPS kelas IVB SDN Kalibanteng Kidul 01? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui Model Learning Cycle dengan Media Audio Visual di kelas IVB SDN Kalibanteng Kidul 01. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari satu pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVB SDN Kalibanteng Kidul 01. Variabel yang diteliti adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik tes, dan non tes. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pembelajaran IPS meningkat. Keterampilan guru siklus I memperoleh skor 27 kategori cukup, siklus II menjadi 38 kategori baik, dan siklus III menjadi 47 kategori sangat baik. Aktivitas siswa meningkat dari siklus I yaitu 24,9 kategori cukup, siklus II menjadi 31,66 kategori baik, dan siklus III menjadi 36,87 kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan sebesar 69,77%, siklus II menjadi 76,74% dan siklus III menjadi 95,35%. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model Learning Cycle dengan media Audio Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IVB SDN Kalibanteng Kidul 01. Saran bagi guru yaitu model Learning Cycle dengan media Audio Visual dapat diterapkan sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audio Visual, IPS, Kualitas, Learning Cycle, Pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 15:41
Last Modified: 10 Nov 2015 15:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20596

Actions (login required)

View Item View Item