PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN GAJAHMUNGKUR 02 SEMARANG


Sri Hartanti, 1401411434 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN GAJAHMUNGKUR 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411434-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data awal hasil observasi, diketahui bahwa penyebab rendahnya kualitas pembelajaran IPA di kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang adalah karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran, sehingga siswa kurang aktif, dan cepat merasa bosan. Siswa juga masih ragu-ragu dalam bertanya, karena siswa belum diberikan kebebasan untuk berfikir secara ilmiah. Penggunaan media pembelajaran masih kurang optimal karena hanya menggunakan media gambar. Untuk memperbaiki dilakukan penelitian menggunakan model inkuiri dengan media audio visual. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada kelas IV SDN Gajahmungkur 02? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui model pembelajaran inkuiri dengan media audio visual pada siswa kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, iklim pembelajaran, media pembelajaran, dan hasil belajar siswa yang meliputi pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan skor keterampilan guru setiap siklus berturutturut sebesar 22,5 (baik); 31 (baik); 36 (sangat baik). Perolehan skor aktivitas siswa setiap siklus berturut-turut sebesar 24 (baik); 28 (baik); 31 (baik). Perolehan skor iklim pembelajaran setiap siklus berturut-turut sebesar 14 (baik); 19 (baik); 21,5 (sangat baik). Perolehan skor kualitas media pembelajaran setiap siklus berturut-turut sebesar 12,5 (baik); 14,5 (baik); 16 (baik). Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar aspek pengetahuan setiap siklus berturut-turut sebesar 64%; 71%; 86%. Hasil belajar siswa aspek sikap spiritual meningkat pada setiap siklusnya. Aspek sikap sosial juga meningkat pada setiap siklus. Aspek keterampilan memperoleh skor 3,8 kriteria sangat baik pada siklus I, meningkat pada siklus II, dan siklus III dengan skor 4 kategori sangat baik (A). Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran inkuiri dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Gajahmungkur 02 Semarang. Saran dari peneliti adalah pembelajaran melalui model pembelajaran inkuiri dengan media audio visual ini diterapkan pada konsep IPA yang lain sehingga pembelajaran lebih inovatif dan menyenangkan dalam perbaikan pembelajaran. Kata kunci: audio visual, inkuiri, IPA, kualitas

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audio visual, inkuiri, IPA, kualitas
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 15:35
Last Modified: 10 Nov 2015 15:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20592

Actions (login required)

View Item View Item