SURVEI MANAJEMEN DAN PEMBINAAN PRESTASI KELAS KHUSUS OLAHRAGA DI SMP NEGERI 5 KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2014
Nuri Al Fariz MZ, 6101410001 (2015) SURVEI MANAJEMEN DAN PEMBINAAN PRESTASI KELAS KHUSUS OLAHRAGA DI SMP NEGERI 5 KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
Download (6MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah masih banyaknya kekurangan dan masalah dalam proses pembinaan prestasi di Kelas Khusus Olahraga SMP Negeri 5 Banjarnegara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen Kelas khusus Olahraga, dan proses pembinaan prestasi di Kelas khusus Olahraga. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui manajemen dan pembinaan prestasi di Kelas Khusus Olahraga SMP Negeri 5 Banjarnegara Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Instrument penelitian meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, atlet, dan pelatih. Objek dalam penelitian ini adalah fungsi manajemen, pembinaan, program latihan, dan faktor pendukung prestasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data, memilah data, mempelajari data, mendeskripsikan data dan membuat analisis akhir. Hasil penelitian ini adalah manajemen organisasi Kelas Khusus Olahraga, tidak hanya di tangani dan dikelola oleh staf lembaga SMP Negeri 5 Banjarnegara, tetapi ada campur tangan beberapa orang dari pihak luar, di karenakan dalam kepengurusan kepelelatihan masih membutuhkan tenaga kepelatihan dari luar. Pembinaan prestasi di Kelas Khusus Olahraga dilaksanakan melalui tahap berjenjang dan berkelanjutan. Tahapan pembibitan dilakukan dengan menggunakan beberapa tahapan tes. Program latihan yang diterapkan tiga kali dalam satu minggu. Pendanaan diperoleh dari dana operasional sekolah, yaitu dari dana BOS dan BP4D. Dalam pembentukan Kelas Khusus Olahraga, pelaksanaan pembelajaran merubah beberapa program sekolah atau pendidikan yang ada, khususnya untuk materi penjasorkes, dimana aktivitas olahraga dan pembelajaran penjasorkes diarahkan untuk progam pembinaan prestasi. Simpulan dari hasil penelitian, kurangnya pertemuan rutin para pengurus Kelas Khusus Olahraga untuk membahas permasalahan yang sedang dihadapi dan bagaimana cara pemecahannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa masih kurangnya sebuah manajemen yang baik. Pelaksanaan pembinaan olahraga yang dilakukan belum maksimal, serta sarana prasarana pelatihan untuk menunjang proses pembinaan kurang lengkap. Saran yang di berikan penulis, untuk organisasi kepengurusan diperbaiki, serta membangun kerjasama dengan sponsor untuk menambah pendanaan agar pembinaan prestasi di Kelas Khusus Olahraga di SMP Negeri 5 Kabupaten Banjarnegara dapat berjalan dengan baik sehingga dapat menigkatkan prestasi lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kelas Khusus Olahraga, Pembinaan Prestasi Olahraga |
Subjects: | L Education > L Education (General) O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1 |
Depositing User: | rizqi mulyantara unnes |
Date Deposited: | 10 Nov 2015 15:34 |
Last Modified: | 10 Nov 2015 15:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20589 |
Actions (login required)
View Item |