PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DI SD N BENDAN NGISOR KOTA SEMARANG


UMI MAHMUDAH, 1401411432 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DI SD N BENDAN NGISOR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411432-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang permasalahan yang ditemui oleh peneliti di kelas V-A SDN Bendan Ngisor Kota Semarang bahwa, pembelajaran IPS dilakukan secara konvensional dan belum melibatkan aktivitas siswa. Hal tersebut ditunjukan dengan hasil belajar siswa masih dibawah KKM. Dari 36 siswa terdapat 22 siswa mencapai nilai dibawah KKM. Berdasarkan masalah tersebut, peneliti akan memperbaiki kualitas pembelajaran IPS melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournament. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournament pada siswa kelas VA SDN Bendan Ngisor Semarang?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournament pada siswa kelas V-A SDN Bendan Ngisor Kota Semarang. Rancangan penelitian ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas satu pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V-A SDN Bendan Ngisor Kota Semarang. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Jenis data meliputi data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber data berasal dari guru, siswa, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi teknik tes dan teknik non tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterampilan guru siklus I memperoleh skor 25 dengan kategori cukup dan siklus II memperoleh skor 32 dengan kategori baik. jumlah skor rata-rata aktivitas siswa siklus I mendapatkan 18,1 dengan kategori baik dan siklus II mendapatkan 22,5 dengan kategori sangat baik. Ketuntasan klasikal siklus I sebesar 72,2 % dan siklus II sebesar 80,5%. Simpulan dari penelitian ini yaitu, melalui model kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada kelas VA SDN Bendan Ngisor Kota Semarang. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bahwa guru dalam pembelajaran IPS menerapkan model kooperatif tipe Teams Games Tournament

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, IPS, Model kooperatif, Teams Games Tournament.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 15:29
Last Modified: 10 Nov 2015 15:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20588

Actions (login required)

View Item View Item