DAMPAK ALIH FUNGSI LAHAN DARI SAWAH KE TAMBAK TERHADAP MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT DESA (Studi Kasus di Desa Cebolek Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati)


Dwi Prasetya, 3401411004 (2015) DAMPAK ALIH FUNGSI LAHAN DARI SAWAH KE TAMBAK TERHADAP MATA PENCAHARIAN MASYARAKAT DESA (Studi Kasus di Desa Cebolek Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 3401411004-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (782kB) | Preview

Abstract

Alih fungsi lahan pertanian bisa diartikan sebagai perubahan fungsi lahan dari fungsinya semula. Lahan sawah di Desa Cebolek Kidul dialih fungsikan menjadi lahan tambak. Peralihan fungsi lahan pertanian dari sawah menjadi tambak diikuti dengan beralihnya mata pencaharian petani di Desa Cebolek Kidul dari petani sawah menjadi petani tambak. Mata pencaharian berhubungan erat dengan aspek ekonomi dan perubahan pada aspek ekonomi juga akan mempengaruhi kondisi sosial masyarakat, sehingga beralihnya lahan pertanian tersebut berdampak terhadap kondisi sosial-ekonomi masyarakat Desa Cebolek Kidul. Fokus dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor penyebab terjadinya alih fungsi lahan dari sawah ke tambak, alasan petani sawah mengalihkan lahan pertaniannya menjadi tambak dan dampak alih fungsi lahan terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat Desa Cebolek Kidul. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Cebolek Kidul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara dengan petani sebagai informan utama yang berjumlah 8 orang serta informan kunci dan informan pendukung yang berjumlah 7 orang. Hasil penelitian menunjukan faktor penyebab terjadinya alih fungsi lahan pertanian dari sawah menjadi tambak yaitu disebabkan oleh faktor alam dan adanya kontak dengan budaya lain. Faktor alam tersebut meliputi perubahan kondisi cuaca, naiknya permukaan air laut dan menurunnya kualitas tanah pertanian. Selain itu, alih fungsi lahan pertanian di Desa Cebolek Kidul juga terjadi karena disebabkan adanya interaksi dengan masyarakat luar yang berhasil membuat lahan kembali produktif dengan mengalihkan lahan sawah menjadi lahan tambak. Alasan Petani sawah di Desa Cebolek Kidul mengalihkan lahan pertaniannya dari sawah menjadi tambak karena bertujuan untuk memaksimalkan produktifitas lahan pertanian untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Peralihan tersebut berdampak positif terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat Desa Cebolek Kidul khususnya petani sawah yang beralih menjadi petani tambak. Salah satu penyebab terjadinya alih fungsi lahan karena faktor alam yaitu naiknya semakin naiknya air laut kedaratan. Guna mengatasi hal tersebut peneliti menyarankan agar pesisir pantai di Desa Cebolek Kidul ditanami dengan mangrove.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alih Fungsi Lahan, Kondisi Sosial-Ekonomi Masyarakat
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 15:09
Last Modified: 10 Nov 2015 15:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20579

Actions (login required)

View Item View Item