PERSEPSI DUNIA USAHA TERHADAP UNJUK KERJA SISWA SMK NEGERI 1 KENDAL JURUSAN BUSANA BUTIK PADA PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)


Dwi Mei Hesti , 5401410148 (2015) PERSEPSI DUNIA USAHA TERHADAP UNJUK KERJA SISWA SMK NEGERI 1 KENDAL JURUSAN BUSANA BUTIK PADA PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5401410148-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktek kerja industri bertujuan untuk memberikan pengalaman mengenai keadaan, proses, wawasan dan mempersiapkan kemampuan siswa kelak untuk bekerja didunia usaha serta diharapkan juga dapat mengenal dan mengetahui seluk beluk tentang usaha, juga mempersiapkan keahlian dan keterampilan yang siap pakai dan menghasilkan siswa yang memiliki sikap profesional, berkompetensi, mampu mengembangkan diri dalam memenuhi tuntutan dunia industri, produktif, dan memiliki kreatifitas. Maka yang menjadi tujuan penelitian adalah: “Mengetahui Presepsi Dunia Usaha Terhadap Siswa SMK Negeri 1 Kendal Jurusan Busana Butik Pada Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).” Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 16 DU/DI. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Data penelitian di analisis menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dunia usaha terhadap unjuk kerja siswa SMK Negeri 1 Kendal jurusan busana butik pada praktek kerja industri (prakerin) mendapatkan persentase 77.80% termasuk dalam kategori baik, dengan indicator ketrampilan mendapat skor 509 dan persentase 80% termasuk dalam kategori baik, disiplin mendapat skor 654 dan persentase 85% termasuk dalam kategori sangat baik, kerjasama mendapat skor 389 dan persentase 76% termasuk dalam kategori baik, inisiatif mendapat skor 199 dan persentase 78% termasuk dalam kategori baik, tanggung jawab mendapat skor 465 dan persentase 74% termasuk dalam kategori baik, kebersihan mendapat skor 290 dan persentase 74% termasuk dalam kategori baik, adaptasi mendapat skor 496 dan persentase 79% termasuk dalam kategori baik, dan sikap mendapat skor 492 dan persentase 77% termasuk dalam kategori baik. Saran bagi pihak sekolah perlu melakukan peningkatan terhadap kualitas pelaksanaan praktek kerja industri sebagai upaya menanggapi respon positif siswa terhadap kegiatan prakerin

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi dunia usaha, praktek kerja industri
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: titin fitriyani unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 15:04
Last Modified: 10 Nov 2015 15:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20575

Actions (login required)

View Item View Item