EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VII DI SMP NEGERI 3 UNGARAN


Henny Listiana , 5302411251 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VII DI SMP NEGERI 3 UNGARAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302411251-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran TIK di SMP Negeri 3 Ungaran masih didominasi oleh guru (Teacher Centered) yang sebaiknya berorientasi pada siswa (Student Centered) hal tersebut membuat siswa cenderung tidak aktif. Ketidakaktifan siswa berdampak pada hasil belajar yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan. Permasalahan pembelajaran TIK tersebut dapat diminimalkan dengan adanya model pembelajaran yang bervariasi. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran TIK kelas VII di SMP Negeri 3 Ungaran. Bentuk eksperimen dalam penelitian ini adalah quasi experimental design menggunakan jenis nonequivalent control group design. Nonequivalent control group design hampir sama dengan pretest-posttest control design. Hanya dalam dalam desain kelompok eksperimen maupun kontrol tidak dipilih secara random Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran. Terpilih sampel siswa kelas VII I sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick, kelas VII J sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ceramah, kelas VII H sebagai kelas uji coba instrumen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 78,97 dan siswa kelas kontrol sebesar 74,02. Berdasarkan hasil uji hipotesis rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick lebih dari 75 yaitu sebesar 78,97. Persentase jumlah siswa yang hasil belajarnya pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick lebih dari 75 % yaitu sebesar 82,35 %. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah yaitu pada siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick sebesar 78,97 sedangkan pada siswa yang menggunakan metode pembelajaran ceramah sebesar 74,02. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick efektif digunakan dalam pencapaian hasil belajar Mata Pelajaran TIK kelas VII di SMP Negeri 3 Ungaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif talking stick, TIK
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 14:50
Last Modified: 10 Nov 2015 14:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20565

Actions (login required)

View Item View Item