iPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN SERTA TERBENTUKNYA HARGA PASAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING KELAS VIII G SMP NEGERI 1 GODONG

Akhmad Khambali, 7101408281 (2015) iPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERMINTAAN DAN PENAWARAN SERTA TERBENTUKNYA HARGA PASAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING KELAS VIII G SMP NEGERI 1 GODONG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1903Kb)

    Abstract

    Hasil belajar siswa kelas VIII pada materi permintaan dan penawaran belum memuaskan karena masih ada siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang di tetapkan yaitu 75. Aktivitas siswa dalam belajar dikelas juga masih kurang, siswa cenderung diam sehingga proses pembelajaran masih berpusat pada guru. Rendahnya prestasi belajar yang dicapai siswa salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh guru belum mampu meningkatkan gairah belajar para siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Godong khususnya pada kelas VIII G yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Kegiatan setiap siklus dalam penelitian ini meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Role Playing . Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan 2 (dua) instrumen pada setiap siklus, yakni tes tertulis pada setiap akhir siklus, dan lembar observasi aktivitas siswa.Hasil pada siklus I maupun siklus II terlihat bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari skor awal yaitu dari rata-rata awal sebesar 72 menjadi 78,75 pada siklus I dan 86,67 pada siklus II dan ketuntasan klasikal dari 53% menjadi 72% pada siklus I dan 94% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa dan lembar pengamatan guru juga meningkat pada siklus I dan Siklus II menunjukan bahwa dengan penerapan model pembelajaran role playingaktivitas siswa mencapai72% pada siklus I dan 95 pada siklus II. Sedangkan prosentase peningkatan aktivitas guru yaitu 75% pada siklus I menjadi 95,83% pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dalam kelas dengan model pembelajaran role playingmampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, dan ketuntasan klasikal siswa juga meningkat kearah yang lebih baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan guru tentang penggunaan model pembelajaran role playingdan dapat digunakan dalam pembelajaran selanjutnya

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing).
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: ahmad sanusi unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 09:27
    Last Modified: 10 Nov 2015 09:27

    Actions (login required)

    View Item