PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, CARA BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2014/2015


Nina Rosiana, 7101408214 (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, CARA BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 REMBANG KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101408214-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Prestasi belajar berupa nilai yang didapat setelah menempuh suatu tes atau ulangan.Dengan nilai tersebut dapat diketahui berhasil tidaknya proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru atau pendidik. Prestasi belajar seseorang dipengaruhi beberapa oleh berbagai faktor baik faktor intern maupun ekstern. Faktor intern dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dan cara belajar siswa, sedangkan untuk faktor ekstern meliputi lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Observasi yang dilakukan didapat hasil 119 siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) sedangkan untuk tingkatmotivasi belajar, cara belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat berada pada kategori baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, cara belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat terhadap prestasibelajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rembang Kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2014/2015.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rembang yang berjumlah 105 siswa sedangkan ukuran sampling menggunakan rumusSlovin didapat responden berjumlah 84 siswa dan untuk teknik samplingmenggunakan proportional random sampling.Variabel dalam penelitian ini meliputi prestasi belajar (Y), motivasi belajar (X1), cara belajar (X2), lingkungan kelaurga (X3), dan lingkunganmasyarakat (X4). Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket.Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear berganda.Hasil penelitian menunjujan bahwa ada pengaruh motivasi belajar, cara belajar, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa baik secara simultan maupun parsial. Secara simultan variabel independent berpengaruh sebesar 60% sedangkan secara parsial motivasi belajar memiliki pengaruh sebesar 6%, cara belajar berpengaruh sebesar 5,15%, lingkungan keluarga berpengaruh sebesar 4,93% dan lingkungan masyarakat memiliki pengaruh sebesar 5,71%.Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan ada pengaruh antara motivasi belajar, cara belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarkat terhadap prestasi belajar siswa baik secara simultan maupun parsial. Saran yang diberikan agar siswa menambah jam belajar jika ada materi yang kurang dipahami, pihak keluarga lebih peka terhadap kesulitan anak dalam belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Cara Belajar, Lingkunggan Keluarga, Lingkungan Masyarakat, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 14:21
Last Modified: 10 Nov 2015 14:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20555

Actions (login required)

View Item View Item