PERKEMBANGAN INDUSTRI TENUN ULOS DI KELURAHAN SIGULANG-GULANG, KECAMATAN SIANTAR UTARA DAN PENGARUHNYA TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT TAHUN 1998-2005

Evan Nainggolan, 3111409032 (2014) PERKEMBANGAN INDUSTRI TENUN ULOS DI KELURAHAN SIGULANG-GULANG, KECAMATAN SIANTAR UTARA DAN PENGARUHNYA TERHADAP SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT TAHUN 1998-2005. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3938Kb)

    Abstract

    Berkembangnya industri tenun ulos di Kelurahan Sigulang-gulang dilatarbelakangi oleh gulung tikarnya industri tenun ulos terbesar dan penguasa di Kelurahan Sigulang-gulang. Penelitian ini mengkaji tentang faktor-faktor yang menyebabkan industri tenun ulos berkembang dan menjadi mata pencaharian masyarakat, antara lain keinginan masyarakat Keluarahan Sigulang-gulang untuk meningkatkan kesejahteraan di saat minimnya lapangan pekerjaan, kurangnya penghasilan dari suami untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena pelaku industri tenun ulos mayoritas ialah ibu-ibu rumah tangga. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui latar belakang munculnya industri tenun ulos di Kelurahan Sigulang-gulang? (2) Mengetahui perkembangan industri tenun ulos di Kelurahan Sigulang-gulang? (3) Mengetahui pengaruh industri tenun ulos bagi sosial ekonomi masyarakat di Kelurahan Sigulang-gulang? Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu (1) heuristik, (2) kritik Sumber, (3) interpretasi, (4), historiografi. Dalam pengumpulan data penulis melakukan observasi, wawancara dengan pelaku industri, dokumentasi berupa foto di Kelurahan Sigulang-gulang. Pengaruh industri tenun ulos terhadap kehidupan sosial ekonomi dan dampaknya sangat terasa bagi masyarakat Kelurahan Sigulang-gulang. Perubahan sosial yang berubah di Kelurahan Sigulang-gulang setelah berkembangnya industri tenun ulos ialah semakin meningkatnya mutu pendidikan yang diberikan oleh orangtua kepada anaknya khususnya para pengusaha tenun ulos supaya anaknya bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi dan merubah kehidupan mereka, semakin tingginya strata dan pengakuan penenun tersebut di tengah-tengah masyarakat, tidak menimbulkan hubungan yang negatif dengan masyarakat lainnya yang non pengusaha tenun ulos, semakin eratnya hubungan antara pelaku industri tenun tersebut sebab adanya perasaan senasib. Perubahan ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat setelah membuka Industri tenun ulos memberikan pengaruh yang baik dengan munculnya lapangan pekerjaan baru dan menekan jumlah pengangguran bagi masyarakat sekitar dan pendatang, meningkatkan penghasilan masyarakat yang tentunya akan meningkatkan pula kesejahteraan masyarakat, tidak bergantung dari pendapatan suami yang sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, meningkatkan jumlah pengusaha-pengusaha baru, semakin berkembangnya sektor industri dan memberikan pengaruh positif ke masyarakat lain dengan membuka usaha bahan baku untuk ulos.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Ekonomi, Sosial, Industri Tenun Ulos
    Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Sejarah, S1
    Depositing User: muhammad farhan unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 10:02
    Last Modified: 10 Nov 2015 10:02

    Actions (login required)

    View Item