PENGARUH MOTIVASI DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA N 1 KAYEN TAHUN AJARAN 2014/2015


Cyntia Ayu Vicka, 7101408176 (2015) PENGARUH MOTIVASI DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI AKUNTANSI KELAS XI IPS SMA N 1 KAYEN TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101408176-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasilbelajar ekonomi akuntansi dipengaruhi oleh faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa dan faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar diri siswa. Hasil belajar di SMA N 1 Kayen masih rendah, diduga penyebabnya adalah rendahnya motivasi belajar siswa dan cara belajar yang kurang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar cara belajar ekonomi akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 Kayen tahun ajaran 2014/2015 secara simultan dan parsial.Penelitian ini merupakan penelitian populasi yaitu siswa kelas XI IPS SMA N 1 Kayen sebanyak 109 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel X1 yaitu motivasi belajar serta X2 yaitu cara belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi dan metode angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisi deskriptif dan analisis regresi berganda yaitu dengan bantuan komputer program SPSS for Windows 16.0.Hasil analisis menunjukan adanya hubungan positif antara motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar baik secara simultan maupun parsial. Kontribusi motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar secara simultan sebesar 58,7%. Besarnya pengaruh secara parsial variabel motivasi belajar sebesar 24,3%. Besarnya pengaruh secara parsial variabel cara belajar sebesar 7,39%.Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif motivasi belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar ekonomi akuntansi baik secara simultan maupun parsial. Saran bagi siswayaitu siswa hendaknya selalu berusaha menghadapi kesulitan dalam memecahkan soal-soal, siswa hendaknya membuat jadwal belajar saja, siswa hendaknya belajar sesuai jadwal, dan siswa hendaknya mengulang materi pelajaran yang diajarkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Cara Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 14:14
Last Modified: 10 Nov 2015 14:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20552

Actions (login required)

View Item View Item