PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENCATAT TRANSAKSI KE DALAM JURNAL UMUM PADA SISWA KELAS XI IS SMA MUHAMMADIYAH 2 KLATEN


Nindha Zanita Asykarani, 7101408108 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENCATAT TRANSAKSI KE DALAM JURNAL UMUM PADA SISWA KELAS XI IS SMA MUHAMMADIYAH 2 KLATEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101408108-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dalam proses belajar dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai. Salah satu faktor proses belajar adalah metode pembelajaran. Student Teams Achievement Division(STAD) merupakan metode pembelajaran kooperatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan STAD dalampeningkatanhasil belajar mencatat transaksi ke dalam jurnal umum siswa kelas XI ISSMA Muhammadiyah 2 Klaten.Seluruh populasi siswa kelas XI IS SMA Muhammadiyah 2 Klaten dijadikan sebagai responden penelitianyaitu sebanyak 18 siswa. Metode pengumpulan data yaitu dengan teknik tes melalui post-test pada akhir setiap siklus dan teknik nontes.Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase.Secara deskriptif pada siklus I nilai rata-rata dari 18 siswa adalah71 meningkat menjadi 73,3 dan ketuntasan klasikal dari 56% meningkat menjadi 67%dimana ketuntasan siswa dicapai oleh 12 siswa sedangkan yang belum tuntas 6 siswadengan persentase keaktivan siswa 88%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 81 dan ketuntasan belajar klasikal menjadi 94%dimana ketuntasan siswa dicapai oleh 17 siswadan yang belum tuntas hanya 1 siswa.Sehingga dalam siklus II ketuntasan belajar mencatat transaksi ke dalam jurnal umum dapat dicapai dengan persentase keaktivan siswa sudah mencapai 100%Berdasarkan hasil penelitian metode pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif digunakan sebagai salah satu alternatif pendekatan metode pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar mencatat transaksi ke dalam jurnal umum siswa kelas XI IS SMA Muhammadiyah 2 Klaten. Oleh karena itu disarankan guru ekonomi hendaknya menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD sebagai alternatif pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar, Jurnal Umum
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 14:07
Last Modified: 10 Nov 2015 14:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20551

Actions (login required)

View Item View Item