PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 01 SEMARANG


DEBBY ROSITA KUMALASARI, 1401411430 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411430-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPS bertujuan agar siswa memiliki kemampuan mengenal konsep, berpikir logis dan kritis, berkomitmen dan mampu berkomunikasi serta bekerjasama dalam kehidupan masyarakat dan lingkungannya. IPS merupakan mata pelajaran yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Berdasarkan refleksi melalui data hasil observasi, catatan lapangan, dan tes menunjukkan, belum optimalnya tujuan pembelajaran IPS kelas V SDN Karanganyar 01 Semarang. Permasalahan yang ditemukan terjadi karena faktor guru, siswa, maupun media yang digunakan. Pada saat berlangsungnya kegiatan pembelajaran, guru cukup bagus dalam menunjukkan penguasaan materi, namun guru belum memanfaatkan metode dan multimedia yang memadai. Faktor siswa menunjukkan bahwamereka kesulitan menguasai materi IPS yang sarat dengan pengetahuan umum dan kehidupan sosial masyarakat tanpa alat bantu dan media pembelajaran yang sesuai dengan topik. Salah satu upaya untuk memperbaiki permasalahan tersebut yaitu dilakukan PTK melalui penerapan model Quantum Teaching dengan media audio-visual. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model Quantum Teaching dengan media audio-visual pada siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar melalui model Quantum Teaching dengan media audio-visual pada siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Semarang. Penelitian dilaksanakan tiga siklus, masing-masing satu kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterampilan guru meningkat, siklus I memperoleh skor 16 kategori baik, siklus II memperoleh skor 18 kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 22 kategori sangat baik, (2) aktivitas siswa meningkat, siklus I memperoleh skor 12,9 kategori cukup, siklus II memperoleh skor 16,3 kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 19,8 kategori sangat baik, (3) persentase ketuntasan belajar siswa meningkat, siklus I 27% tidak tuntas, siklus II 77% tidak tuntas, dan siklus III 89% tuntas. Simpulan penelitian ini adalah model Quantum Teaching dengan media audio-visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Karanganyar 01 Semarang. Saran yang diberikan perlu adanya latihan serta persiapan dan perencanaan yang matang karena model ini memerlukan keterampilan guru secara khusus untuk mengubah pembelajaran konvensional, monoton, dan membosankan menjadi menyenangkan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audio-visual; kualitas; pembelajaran IPS; quantum teaching
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 13:58
Last Modified: 10 Nov 2015 13:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20548

Actions (login required)

View Item View Item