PENGARUH KONDISI FISIK DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XII SMK MASEHI PSAK AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2014/2015


Wheny Kezia Asteiosi, 7101408051 (2015) PENGARUH KONDISI FISIK DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XII SMK MASEHI PSAK AMBARAWA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101408051-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pencapaian dari proses belajar adalah diperolehnya prestasi belajar, dan melalui prestasi belajar dapat diketahui kemampuan siswa setelah melakukan proses pembelajaran. Hasil nilai ujian akhir semester genap kelas XI SMK Masehi PSAK Ambarawa tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 53,2% siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum yang telah ditentukan oleh sekolah. Tujuan penelitian iniadalah mengetahui pengaruh kondisi fisik dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran kewirausahaan melalui motivasi belajar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah penelitian populasi yaitu semua elemen populasi diambil dalam sampel, yaitu sebanyak 47 responden.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis) dengan menggunakan program SPSS Release17.Hasil penelitian menunjukkan: ada pengaruh positif kondisi fisik terhadap motivasi belajar siswa(t = 7,398 dan p < 0,05). Ada pengaruh positif lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa (t = 4,982 dan p < 0,05). Ada pengaruh positif kondisi fisik dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap motivasi belajar siswa (F= 81,096 dan p < 0,05). Ada pengaruh positif motivasi belajar terhadap prestasi belajar Kewirausahaan (t = 6,616 dan p < 0,05).Ada pengaruh positif kondisi fisik terhadap prestasi belajar Kewirausahaan (t = 3,779 dan p < 0,05). Ada pengaruh positif lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar Kewirausahaan (t = 2,408 dan p < 0,05). Ada pengaruh positif kondisi fisik dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap prestasi belajar Kewirausahaan (F= 119,274 dan p < 0,05). Ada pengaruh positif motivasi belajar, kondisi fisik dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap prestasi belajar Kewirausahaan (F= 171,392 dan p < 0,05). Ada pengaruh positif kondisi fisik terhadap prestasi belajar Kewirausahaan melalui motivasi belajar (tidak langsung =0,367 > langsung = 0,281). Ada pengaruh positif lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar Kewirausahaan melalui motivasi belajar (tidak langsung =0,247 > langsung = 0,150).Ada pengaruh positif kondisi fisik dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar Kewirausahaan melalui motivasi belajar, dengan pengaruh total 0,382.Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua hipotesis penelitian yang diajukan terbukti. Saran untuk guru adalah menumbuhkan motivasi belajar siswa dengan mengarahkan siswa kepada tujuan yang ingin dicapai, memberi kesempatan kepada siswa untuk aktif, dan menggunakan metode dan kegiatan pembelajaran yang bervariasi

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Siswa Kelas XII, Kondisi Fisik, Lingkungan Sekolah, Kewirausahaan dan Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 13:53
Last Modified: 10 Nov 2015 13:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20547

Actions (login required)

View Item View Item