PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI CONCEPT MAPPING BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 02 KOTA SEMARANG


SUKMA YULIANA, 1401411429 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI STRATEGI CONCEPT MAPPING BERBANTUAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS IV SDN GUNUNGPATI 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411429-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Bidang studi PKn merupakan bidang studi yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945 (Depdiknas, 2010:271). Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti di SDN Gunungpati 02 ditemukan masalah dalam pembelajaran PKn di kelas IV masih belum optimal, guru belum menggunakan strategi pembelajaran yang inovatif serta media yang kurang, menyebabkan hasil belajar siswa rendah, dari 25 siswa hanya 8 siswa (32%) yang mencapai KKM 65, sedangkan 17 siswa (68%) belum mencapai KKM. Berpijak kendala tersebut, peneliti meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui strategi concept mapping berbantuan multimedia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui strategi concept mapping berbantuan multimedia pada siswa kelas IV SDN Gunungpati 02 Kota Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn melalui strategi concept mapping berbantuan multimedia pada siswa kelas IV SDN Gunungpati 02 Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus melalui strategi concept mapping berbantuan multimedia. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Gunungpati 02. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes, teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 19 dengan kategori cukup, siklus II memperoleh skor 29 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh skor 37 dengan kategori sangat baik; (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 26,28 dengan kategori baik, siklus II memperoleh rata-rata skor 29,72 dengan kategori baik, dan siklus III memperoleh rata-rata skor 37,04 dengan kategori sangat baik; (3) hasil belajar pada siklus I mengalami ketuntasan klasikal sebesar 64%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dan siklus III ketuntasan klasikal mencapai 100%. Simpulan dalam penelitian ini adalah melalui strategi Concept Mapping berbantuan multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IV SDN Gunungpati 02 Kota Semarang. Saran bagi guru adalah strategi concept mapping berbantuan multimedia diharapkan dapat menjadi solusi dalam melaksanakan pembelajaran PKn di kelas IV

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: concept mapping, kualitas pembelajaran PKn, multimedia
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 13:54
Last Modified: 10 Nov 2015 13:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20546

Actions (login required)

View Item View Item