PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI METODE SOSIODRAMA BERBANTU MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS IVA SDN TAMBAKAJI 03 KOTA SEMARANG


NISA 'AZIZAH, 1401411425 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI METODE SOSIODRAMA BERBANTU MEDIA BONEKA TANGAN PADA SISWA KELAS IVA SDN TAMBAKAJI 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411425-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

PKn merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945. Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas IVA SDN Tambakaji 03 Kota Semarang, ditemukan permasalahan yaitu rendahnya kualitas pembelajaran PKn. Guru belum menerapkan metode pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Guru belum menggunakan media yang dapat cocok dan menarik perhatian siswa serta 55% dari jumlah siswa nilainya belum mencapai KKM (63). Solusi dari masalah tersebut adalah dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode sosiodrama berbantu media boneka tangan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah metode sosiodrama berbantu media boneka tangan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas IVA SDN Tambakaji 03 Kota Semarang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PKn yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Tambakaji 03 Kota Semarang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama tiga siklus dengan masing-masing siklus satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVA SDN Tambakaji 03. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran PKn meningkat meliputi: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 23 kriteria baik, siklus II memperoleh skor 28 kriteria sangat baik dan siklus III memperoleh skor 31 kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor 18,78 kriteria baik, pada siklus II memperoleh skor 19,54 kriteria baik dan siklus III memperoleh skor 22,14 kriteria sangat baik; (3) persentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal mencapai 58% pada siklus I, meningkat pada siklus II menjadi 70%, dan meningkat pada siklus III menjadi 82%. Simpulan penelitian ini bahwa melalui metode sosiodrama berbantu media boneka tangan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn. Saran bagi pembaca khususnya pendidik yaitu dapat menerapkan metode sosiodrama berbantu media boneka tangan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: boneka tangan; kualitas; pembelajaran; PKn; sosiodrama
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 13:47
Last Modified: 10 Nov 2015 13:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20544

Actions (login required)

View Item View Item