PERAN STUDENT ENGAGEMENT DALAM MEMEDIASI PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 PEKALONGAN


Nani Isnaeni, 7101411397 (2015) PERAN STUDENT ENGAGEMENT DALAM MEMEDIASI PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 71014011397-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Observasiawal di SMK N 2 Pekalongan, diketahui bahwa prestasil belajar akuntansisiswa kelas X Akuntansimasih belum optimal. Tujuandalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh langsung persepsi siswa tentang metode mengajar guruterhadap prestasi belajar akuntansimaupun pengaruh tidak langsung yang melalui student engagementdan menganalisis pengaruh fasilitas belajarterhadap prestasi belajar akuntansimaupun pengaruh tidak langsung melalui student engagement.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian Akuntansi SMK N 2 Pekalongantahun ajaran 2014/2015. Sampel yang diambil adalah seluruh populasi sebanyak 92peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis jalur dan sobel test.Hasil penelitian menunjukkan(1) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru, fasilitas belajar, serta student engagementterhadap prestasi belajar akuntansisiswa, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan fasilitas belajarterhadapstudent engagement,(3) student engagementsecara signifikan menjadi variabel interveningpengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan fasilitas belajarterhadap prestasi belajar akuntansisiswa.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa student engagementberperan sebagai intervening pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan fasilitas belajarterhadap prestasi belajar akuntansisiswa. Saran yang dapat diberikan adalah pihak sekolah dan guru mata pelajaran akuntansimampu melakukan perbaikan kualitas mengajar dan ketersediaan fasilitas sekolahuntuk meningkatkan student engagementsehingga mampu meningkatkan prestasi belajar akuntans

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Student Engagement, Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru, Fasilitas Belajar dan Prestasi Belajar Akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 13:43
Last Modified: 11 Apr 2018 15:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20541

Actions (login required)

View Item View Item