PENGGUNAAN MEDIA KARTU APRESIASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGAPRESIASI KARYA SENI RUPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 PULIHARJO KABUPATEN KEBUMEN


Mustaqimah, 1401441424 (2015) PENGGUNAAN MEDIA KARTU APRESIASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MENGAPRESIASI KARYA SENI RUPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 01 PULIHARJO KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411424-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kualitas pembelajaran SBK khususnya materi Mengapresiasi Karya Seni Rupa di kelas V SD Negeri 01 Puliharjo Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2013/2014 masih rendah. Perolehan nilai rata-rata kelas untuk materi tersebut hanya mencapai 65, serta ketuntasan belajar secara klasikal 44,4% dengan KKM 75. Hal ini disebabkan oleh kurangnya minat belajar siswa, serta pengelolaan pembelajaran yang masih kurang maksimal oleh guru. Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu media pembelajaran yang mampu membantu guru dalam menyampaikan materi, serta untuk menarik minat belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu media pembelajaran kartu apresiasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi Mengapresiasi Karya Seni Rupa melalui penggunaan media kartu aperesiasi di kelas V SD Negeri 01 Puliharjo Kabupaten Kebumen. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 01 Puliharjo Kabupaten Kebumen tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 22 siswa. Penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan melalui pelaksanaan tes formatif dan observasi terhadap performansi guru serta aktivitas belajar siswa pada saat pembelajaran berlangsung. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa minimal 75 dengan persentase tuntas belajar klasikal minimal 75%, persentase keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 70%, dan skor performansi guru minimal B. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil performansi guru pada siklus I sebesar 71,3 dan meningkat menjadi 92,76 pada siklus II. Persentase aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 67,62% pada siklus I, menjadi 83,52% pada siklus II. Peningkatan performansi guru dan aktivitas belajar siswa turut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang pada siklus I diperoleh rata-rata kelas sebesar 79,09, meningkat menjadi 89,54 pada siklus II. Persentase tuntas belajar klasikal juga mengalami peningkatan dari 77,27% pada siklus I, menjadi 95.45% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran kartu apresiasi dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran materi Mengapresiasi Karya Seni Rupa di kelas V SD Negeri 01 Puliharjo Kabupaten Kebumen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kartu apresiasi; karya seni rupa; mengapresiasi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 13:42
Last Modified: 10 Nov 2015 13:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20539

Actions (login required)

View Item View Item