KEEFEKTIFAN MODEL TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN UANG DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN RANDUGUNTING 2 KOTA TEGAL


Lungid Darmastuti, 1401411423 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN UANG DAN KEGUNAANNYA PADA SISWA KELAS III SDN RANDUGUNTING 2 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411423-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di sekolah dasar. IPS merupakan ilmu pengetahuan yang membekali siswa dengan pengetahuan sosial yang berguna dalam kehidupan di masyarakat. Pada dasarnya, IPS merupakan mata pelajaran yang menarik, karena menyajikan telaah mengenai manusia dan lingkungannya. Oleh karena itu, guru harus melakukan pembelajaran yang variatif, sehingga siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Jika siswa aktif dalam pembelajaran, maka pengetahuan yang diperoleh siswa menjadi bermakna. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa, yaitu model pembelajaran Talking Stick. Model pembelajaran Talking Stick sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar yaitu senang bermain, bergerak, dan bekerja dalam kelompok. Model ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan kemampuan dan partisipasi mereka dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model pembelajaran Talking Stick dibandingkan pembelajaran Konvensional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri Randugunting 2 dan 5 Kota Tegal yang berjumlah 54 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh, sehingga semua populasi merupakan subjek penelitian. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Analisis untuk uji statistik data yang digunakan yaitu cronbach’s alpha, uji lilliefors, levene’s test dan t test. Cronbach’s alpha digunakan untuk uji validitas dan reliabilitas instrumen. Uji lilliefors digunakan untuk uji normalitas data. Levene’s test digunakan untuk uji homogenitas data. T test digunakan untuk pengujian hipotesis. Penghitungan tersebut menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas III SD antara yang memeroleh pembelajaran model Talking Stick dan yang memeroleh pembelajaran Konvensional pada materi Uang dan Kegunaannya. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis menggunakan independent samples t test pada baris Equal Variances Assumed yang menunjukkan bahwa nilai t hitung > ttabel (2,342 > 2,013). Berdasarkan uji keefektifan model dengan menggunakan one sample t test, diperoleh nilai t hitung > ttabel (3,737 > 2,047). Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas III SD yang memeroleh pembelajaran model Talking Stick lebih baik daripada yang memeroleh pembelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, dan Model Pembelajaran Talking Stick
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 13:34
Last Modified: 10 Nov 2015 13:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20537

Actions (login required)

View Item View Item