EVALUASI KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN OLEH MAHASISWA SEBAGAI OPTIMALISASI PROSES PEMBELAJARAN DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNNES

Riza Maulina Nurayu Candra, 5301410029 (2014) EVALUASI KOMPETENSI MENGAJAR DOSEN OLEH MAHASISWA SEBAGAI OPTIMALISASI PROSES PEMBELAJARAN DI JURUSAN TEKNIK ELEKTRO UNNES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (930Kb)

    Abstract

    Kompetensi dosenadalah kemampuan seorang guru dalam melaksanakan kewajiban kewajibannya secara bertanggung jawab dan layak. Proses pembelajaran tidak semua dosen mengampu mata kuliah sesuai dengan jurusan apa yang diambil semasa dosen tersebut kuliah. Dosen yang berperan sebagai pendidik diuniversitas diharuskan menguasai semua mata kuliah, karena dosen dituntut untuk bisa menjelaskan maupun menyampaikan mata kuliah dengan baik dan profesional.Populasi adalah keseluruhan objek penelitian. Cara penentuan dari populasi ini sebuah penelitian haruslah diperhatikan ciri yang erat kaitannya pada masalah yang ingin diteliti. Dalam setiap penelitian, populasi yang dipilih harus disesuaikan dengan masalah yang diteliti, dan penelitian ini populasi yang diambil yaitu mahasiswa teknik elektro universitas negeri semarang yang masihaktif dari tahun 2008 sampai 2014 yang berjumplah 453 mahasiswa.Sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti. Sampelnya adalah 30 mahasiswa teknik elektro universitas negeri semarang yang masih aktif dari angkatan 2008 sampai 2014.Hasil penelitian menunjukan bahwa menunjukkan bahwa kompetensi professional pada kategori sangat tinggi (83,74%), kompetensi pedeagogig pada kategori sangat tinggi (82,36%), kompetensi kepribadian pada kategori tinggi (80,83%), kompetensi sosial pada kategori tinggi(77,50%), fasilitas pada kategori sedang (56,94%). Disimpulkan bahwa yang perlu ditingkatkan adalah kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan fasilitas yang ada di Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.Pada penelitian ini, dosen perlu untuk meningkatkan kualitas pembelajarankepada mahasiswa dan lebih meningkatkan wawasan akademik yang dimiliki, mendalami materi yang akan disampaikan kepada mahasiswa, menguasai berbagai pendekatan materi dan perkembangan mahasiswa serta menyesuaikan materi yang akan disampaikan terhadap mahasiswa dan Bagi pihak Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang hendaknya lebih meningkatkan fasilitas dan pelayanan terhadap mahasiswa. Langkah yang dapat dilakukan adalah memperbaiki fasilitas belajar dan praktek bagi mahasiswa, serta lebih koperatif terhadap pelayanan yang diberikan terhadap mahasiswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kompetensi mengajar, proses pembelajaran, teknik elektro universitas negeri semarang.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
    Depositing User: ahmad sanusi unnes
    Date Deposited: 10 Nov 2015 09:14
    Last Modified: 10 Nov 2015 09:14

    Actions (login required)

    View Item