PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS II SDN KARANGANYAR 02 KOTA SEMARANG


KARUNIA YENI SUSILOWATY, 1401411420 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS II SDN KARANGANYAR 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411420-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia pada keterampilan menulis deskripsi di kelas II SDN Karanganyar 02 Kota Semarang masih terdapat permasalahan, antara lain: kemampuan siswa dalam mengungkapkan gagasan dalam bentuk tulisan masih kurang, kemampuan guru dalam mengadakan variasi model dan media pembelajaran belum maksimal,dan keterampilan siswa dalam menulis deskripsi kurang. Keadaan tersebut dibuktikan dengan nilai siswa pada aspek menulis deskripsi yang belum memuaskan. Terdapat 22 siswa (66,67%) dari 33 siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan ≥ 70. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan model induktif kata bergambarsebagai alternatif dalam pembelajaran menulis deskripsi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, meningkatkan aktivitas siswa, dan meningkatkan hasil belajar siswa melalui model induktif kata bergambar. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam tiga siklus penelitian, masingmasing siklus 1 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas II dan 33 siswa kelas II SDN Karanganyar 02 Kota Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik tes dan nontes. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang di analisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 32 dengan kriteria cukup, pada siklus II memperoleh skor 43 dengan kriteria baik dan pada siklus III memperoleh skor 50 dengan kriteria sangat baik; (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 30,96 dengan kriteria cukup, pada siklus II memperoleh skor rata-rata 35 dengan kriteria baik dan pada siklus III memperoleh skor rata-rata 43,6 dengan kriteria sangat baik; (3) hasil belajar siswa berupa keterampilan menulis deskripsi pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70,54 dengan ketuntasan belajar klasikal 67,7%, pada siklus II 74,73 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 70%, dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 77,61 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 83,9%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model induktif kata bergambardapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar berupa keterampilan menulis deskripsi siswa kelas II SDN Karanganyar 02 Kota Semarang. Saran penelitian ini adalah guru sebaiknya membiasakan menggunakan model-model pembelajaran yang inovatif dan bervariasi dalam pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Deskripsi, Induktif Kata Bergambar, SD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 13:25
Last Modified: 10 Nov 2015 13:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20533

Actions (login required)

View Item View Item